Hari Bakti Dokter Indonesia, IDI Gelar Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Serviks di Tangsel

Date:

Tangsel – Dalam peringatan Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) 2017, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bersama Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa (16/5/2017) melaksanakan sosialisasi dan pembekalan kepada ibu rumah tangga di Aula Pemkot Tangsel. Sosialisasi bertujuan agar mengetahui pentingnya deteksi dini kanker serviks dengan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA).

Ketua IDI Tangsel, Imbar Umar Gazali menyampaikan, kegiatan deteksi dini kanker serviks di Tangsel merupakan wujud bakti dokter kepada masyarakat. Tidak hanya di Tangsel, kegiatan pemeriksaan kanker serviks ini juga akan dilaksanakan IDI di seluruh wilayah Indonesia.

“Kerjasama IDI dengan DWP dan PKK tidak berhenti dihari ini saja. Kedepan, kita akan bekerjasama untuk memfasilitasi pemeriksaan kanker serviks dan kanker payudara,” katanya.

Menurut Imbar, pihaknya tidak ingin hanya sekali menyelenggarakan kegiatan seperti ini, karena ini potensi yang cukup baik untuk memperhatikan kesehatan para wanita.  

Sementara itu, Wali kota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengatakan, bahwa kegiatan tersebut sangat baik dan bermanfaat untuk pengetahuan terhadap kesehatan wanita. 

“Sebagai wanita, kita harus peduli dan memperhatikan terhadap kanker serviks dan kanker payudara. Sosialisasi ini menjadi hal penting untuk mengingatkan kita,” ujar Airin.

Airin menambahkan, terkadang wanita lupa mengecek diri sendiri, sehingga lupa akan kesehatan diri. Padahal yang terpenting adalah mencegah dari pada mengobati.  

“Kita harus rutin untuk mengecek diri kita sendiri, dengan minimal satu tahun sekali. Untuk mengecek payudara bisa dengan diri sendiri menggunakan teknik sadari,” terangnya.  

Direktur RSU Tangsel, Suhara Manullang menambahkan, jika ada indikasi kanker serviks atau kanker payudara maka pasien bisa melakukan pemeriksaan di RSU Tangsel.  

“Kami hanya sebatas pemeriksaan dan mendiagnosa, jika positif selanjutnya kami rujuk ke rumah sakit yang lebih tinggi atau ke pusat kanker,” ucapnya.(Zie) 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related