Connect with us

METROPOLITAN

Bentuk Tim Pora di Lebak, Imigrasi Minta Pengawasan Orang Asing Hingga ke Desa

Published

on

Lebak – Imigrasi Serang membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Pora) di Kabupaten Lebak. Tim Pora diharapkan mampu membangun sinergitas antar instansi terkait pengawasan orang asing.

“Koordinatornya semua camat,” kata Kepala Kantor Imigrasi Serang,  Timbul Pardede, di Aula Mulatuli Gedung Setda Lebak, Senin (28/8/2017).

Timbul mengingatkan pentingnya upaya untuk menangkal dan mencegah masuknya orang asing ke Indonesia yang kehadirannya tidak memberikan manfaat bagi masyarakat lokal.

Undang-undang Nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian, Peraturan Pemerintah Nomor 31 tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian dan Peraturan Menteri Hukum, dan HAM Nomor 50 tahun 2016 tentang Pengawasan Orang Asing agar terciptanya sistem pengawasan orang asing yang efisien dan efektif serta akurat.

BACA :  Diserang Lawan Politik saat Diskusi di DPD Gerindra, Pengamat Kompak Bela Ratu Tatu

“Pengawasan tidak akan maksimal jika hanya dilakukan oleh petugas imigrasi, untuk itu perlu sinergi dengan aparatur di tingkat kecamatan sehingga fungsi pengawasan orang asing dapat dilaksanakan sampai ke tingkat desa,” papar Timbul.

Keberadaan dan kegiatan orang maupun lembaga asing seharusnya memberikan manfaat luas bagi masyarakat serta tidak membahayakan keamanan dan ketertiban umum.

“Pengawasan terhadap orang asing tidak hanya dilakukan pada saat mereka masuk, akan tetapi selama mereka berada di wilayah Lebak. Maka dari itu, seluruh aktivitas dan kegiatannya perlu diawasi bersama,” pinta Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya.

Dengan sinergitas antar instasi berwenang dan Pemkab Lebak, Iti berharap pengawasan orang asing bisa berjalan lebih maksimal.(Nda)

BACA :  Jalur Protokol dan Alun-Alun Dipenuhi Ucapan Pelantikan Irna-Tanto, Begini Kata Warga Pandeglang



Terpopuler