Connect with us

METROPOLITAN

STQ ke 48 Tingkat Kabupaten Tangerang Diikuti 393 Peserta

Published

on

Tangerang – Ajang STQ (Seleksi Tilawatil Quran) ke-48 Tingkat Kabupaten Tangerang resmi dibuka Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar di Gedung Serba Guna (GSG) Puspemkab Tangerang. Kamis, (23/11/17).

Zaki Mengatakan, penyelenggaraan kegiatan lomba atau musabaqah dalam membaca, menulis, menghafal dan menafsirkan Al-Qur’an merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap tahun. Selain sebagai salah satu peneguhan syiar Islam, kegiatan ini juga tentunya diharapkan dapat menjadi barometer untuk mengukur hasil kegiatan pembelajaran Al-Qur’an yang berlangsung di masyarakat.

“Saya ingin menegaskan bahwa para kafilah peserta STQ pada kesempatan yang baik ini adalah potensi terbaik dari setiap kecamatan di Kabupaten Tangerang, saya tidak berharap faktor juara menjadi tujuan utama dan akhirnya merekrut peserta yang bukan dari kecamatannya masing-masing,” tutur Zaki.

BACA :  Gempa 7,4 SR Guncang Banten, Pasien RSKM Cilegon dan PT CAP Berhamburan Keluar Ruangan

Zaki menambahkan, pada hakikatnya keberhasilan penyelenggaraan STQ ini tidak hanya terletak pada siapa yang menjadi juara umum semata.

“Lebih dari itu keberhasilan penyelenggaraan kegiatan ini akan terlihat dengan semakin banyaknya qori dan qoriah baru yang mampu dihasilkan dari setiap penyelenggaraan musabaqah,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum LPTQ Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid menjelaskan, MTQ tingkat Kabupaten Tangerang kali ini berubah menjadi Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ), dikarenakan tidak bisa dalam setahun dua kali mengadakan acara MTQ, dan hasil MTQ sebelumnya yang sudah diselenggarakan sudah mendapatkan hasil, tinggal di evaluasi pada ajang STQ ini untuk ke Tingkat Provinsi Banten.

“Pelaksanaan STQ Ke-48 ini sebagai tuan rumah Kecamatan Tigaraksa, yang dilaksanakan pada tanggal hari ini 23 – 26 November 2017,” jelasnya.

BACA :  Enam Mahasiswa Banten Belum Kembali sejak Aksi Menolak RKUHP dan UU KPK di Jakarta

Para peserta sebanyak 393 terdiri dari 3 cabang, yang terdiri dari Cabang Tilawah 166 peserta, Cabang Hifzhil Qur’an (MHQ) 211 peserta, dan Cabang Tafsir Bahasa Arab 16 peserta. Adapun pelaksanaan tersebut dilaksanakan di enam arena yaitu Masjid Agung Al-Amjad, Masjid Jami Al-Huda, Mushola Nurul Iman, Masjid Al-Muhdi, Masjid Agung Al-Amjad, dan Kantor Kemenag Kabupaten Tangerang.(Zie)



Terpopuler