Connect with us

METROPOLITAN

Imigrasi Bandara Soetta Luncurkan e-Manifest yang Akan Terkoneksi Sistem Cekal

Published

on

Tangerang – Imigrasi Bandara Soekarno Hatta meluncurkan sistem e-Manifest, Jumat (24/11/2017). Melalui sistem ini, pelaporan data penumpang dari maskapai dilakukan secara elektronik.

Wartawan Banten Hits Maya Aulia Apriliani melaporkan, sistem e-Manifest tersebut nantinya akan dapat digunakan oleh empat maskapai yang saat ini telah menjalin kerjasama, yakni Vietnam Airlines, Philipine Airlines, Lion Air, dan Oman Airlines. 

“Jika biasanya maskapai saat melaporkan daftar manifest penumpang bisa lebih dari empat jam secara manual, dengan e-Manifest ini bisa langsung sampai ketika selesai diinput,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno Hatta Enang Syamsi. 

Ditambahkan Kabid Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Soekarno Hatta Barron Ichsan, melalui e-Manifest, nantinya maskapai yang sudah bekerjasama bisa melakukan log in untuk mengunggah daftar manifest penumpang yang terdaftar. 

“Jadi maskapai hanya bisa melakukan upload daftar manifest saja, sementara dari pihak Imigrasi bisa mengecek data statistik dari daftar manifest tersebut,” ujar Barron Ichsan. 

Barron berharap, nantinya e-Manifest ini dapat terkoneksi dengan sistem cekal dan border control management yang dimiliki imigrasi untuk mengetahui seberapa sering penumpang tersebut datang ke Indonesia. 

“Jadi kita bisa tahu statistik seberapa sering penumpang, lalu apakah mereka masuk daftar cekal, atau apakah paspor si penumpang ini tidak kurang dari enam bulan, jadi maskapai bisa menghindari adanya denda,” tandasnya.(Rus) 

 

Trending