Connect with us

METROPOLITAN

Luas Lahan Tanam Padi dan Jagung di Pandeglang Menyusut

Published

on

Kabid Pertanian Distan Pandeglang

Meski luas tanam padi dan jagung di Pandeglang menyusut, Nasir mengatakan, target tanam akan bisa tercapai. (Foto: Engkos Kosasih/Banten Hits)

Pandeglang – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pandeglang menyebut, luas lahan tanam padi dan jagung mengalami penyusutan.

“Ya pasti mengalami penyusutan, itu sudah konsekuensi dari pembangunan suatu wilayah. Apalagi sudah dibuka aksesnya, pasti akan memakan lahan,” kata Kabid Pertanian Distan Pandeglang, Nasir, Jumat (4/5/2018).

Namun, Nasir tidak menyebut berapa lahan yang menyusut. Saat ini, luas lahan persawahan 54,768 hektar dan lahan darat 219,921.

BACA JUGA: Target Tanam 200 Ribu Hektar Pajale di Pandeglang Mustahil Tercapai

Untuk itu kata Nasir, pihaknya mengharapkan agar Peraturan Daerah (Perda) tentang Lahan Pangan Berkelanjutan (LP2B) bisa rampung tahun ini.

BACA :  Penumpang Stasiun Rangkasbitung Naik Jadi 25-35 Ribu Orang

“Bahwa lahan yang sudah masuk LP2B ada konsekuensinya. Hanya UU Nomor 41, makannya kita ngotot agar Perda itu segera tuntas tahun ini sesuai dengan amanat KPK,” ujarnya.

Meski luas tanam mengalami penyusutan, namun distan memastikan jika target tanam sebanyak 59,300 hektar bisa tercapai. Hal ini dikarenakan masih banyak lahan yang masih luas.

“Melihat data yang ada, sampai hari ini masih aman,” pungkasnya.(Nda)



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler