Latihan Posko-I Kodim Lebak: Kesiapan Hadapi Bencana dan Konflik Komunal

Date:

Kodim Lebak
Latihan Posko-I Kodim 0603/Lebak “Jawara-VI” Tahun 2018. (Foto: Istimewa)

Lebak – Selama tiga hari, 5-7 Juni 2018, kemampuan komandan dan staf Kodim 0603/Lebak dalam merencanakan suatu operasi yang mencakup hal terpadu, kerja sama dan koordinasi dalam pengambilan keputusan, teknik, olah yudha dan pengintegrasian semua kemampuan satuan yang dimiliki ditingkatkan melalui Latihan Posko-I Kodim 0603/Lebak “Jawara-VI” Tahun 2018.

Latihan posko yang dibuka Wakil Komandan Latihan Letkol Inf Fitriana Nur Heru dipusatkan di Aula Sunan Giri Makodim Lebak.

“Latihan Posko merupakan metode latihan taktis tanpa pasukan yang bertujuan memelihara dan meningkatkan prosedur hubungan komandan dan staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan kodal operasi untuk membantu pemerintah daerah dan Polri dalam menghadapi bencana alam dan konflik komunal,” terang Fitriana, Rabu (6/6/2018).

Fitriana menjelaskan, latihan posko juga dalam rangka mengetahui kesiapan operasional jajaran Kodim Lebak, terutama dalam mengimplementasikan protap yang ada.

Sementara itu, Dandim 0603/Lebak Letkol Arh Syafa’ Susanto mengatakan, tahun 2018 merupakan tahun politik di mana digelarnya Pilkada serentak, salah satunya di Kabupaten Lebak. Maka dari itu, menjadi kewajiban untuk mengantisipasi berbagai ancaman baik sebelum maupun setelah Pilkada.

“Kita berharap tentunya Lebak kondusif

Dandim berharap, latihan posko mampu memantapkan tugas yang didapatkan dengan kemampuan yang memadai, khususnya dalam menanggapi, menangani dan menyelesaikan suatu permasalahan dengan cepat dan tepat.

“Agar tidak berkembang menjadi kerawanan yang bisa mempengaruhi stabilitas keamanan dan menghambat pembangunan daerah,” kata Syafa’ Susanto.

Sehari sebelumnya, dilakukan briefing yang dipimpin Pasi Lat Korem 064/MY Mayor Inf Ferry Ardian. Sesuai jadwal, latihan dilaksanakan selama tiga hari, dimulai pada pukul 08.00-16.00 WIB.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...