Connect with us

METROPOLITAN

Minggu Dini Hari Kendaraan Pemudik Mengular di Pintu Tol Merak

Published

on

KENDARAAN PEMUDIK MENGULAR DI PINTU TOL MERAK-1

Kendaraan pemudik mengular di Pintu Tol Merak, Minggu dini hari, 10 Juni 2018.(Banten Hits/ Iyus Lesmana)

Cilegon – Kendaraan pemudik mengular di Pintu Tol Merak, Minggu dini hari, 10 Juni 2018. Pemudik yang hendak menyeberang ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak pada Lebaran 2018 terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Wartawan Banten Hits Iyus Lesmana melaporkan, peningkatan volume jumlah kendaraan pemudik yang berasal dari beberapa daerah di Jabodetabek tersebut mengakibatkan antrean hingga KM 96 Tol Tangerang-Merak atau sekitar 1,5 kilometer menuju gerbang Tol Merak.

“Panjang antrian kendaraan pemudik didalam ruas tol mencapai kurang lebih 1,5 kilometer, tepatnya di KM 96+500,” kata Manajer Lalu Lintas PT Marga Mandala Sakti (MMS), Rahmat saat dikonfirmasi, Minggu pagi, 10 Juni 2018.

BACA :  Ternyata Satu Korban Tertusuk Bersama Wiranto Warga Mathla'ul Anwar, Ini Pernyataan Sikap Pengurusnya

Rahmat mengatakan, terjadinya antrean kendaraan milik para pemudik ruas Tol Tangerang-Merak diakibatkan tingginya volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Merak. Untuk menanggulanginya, PT MMS melakukan penguraian kendaraan di gerbang tol Cikupa.

“Kita coba berusaha mengurangi antrean di Cikupa.Di Cikupanya kita maksimalkan karena kendatangan kendaraan dari Cikupa ke gerbang Merak itu cukup besar, sampai 40 kendaraan per menitnya,” ungkap Rahmat.

KENDARAAN PEMUDIK MENGULAR DI PINTU TOL MERAK

Kendaraan pemudik mengular di Pintu Tol Merak, Minggu dini hari, 10 Juni 2018.(Banten Hits/ Iyus Lesmana)

Saat disinggung penanggulangan kendaraan yang diprediksi akan terus mengular Rahmat menjelaskan pihaknya akan melakukan koordinasi ke pihak kepolisian guna mengatasi antrean kendaraan tersebut.

“Kita tetap berusaha menahan kendaraan di dalam tol, karena kalau kendaraan kita keluarkan dari tol kemungkinan akan beradu dengan kendaraan lain, itu sangat berbahaya,” jelasnya.

BACA :  Warga di Kecamatan Legok Keluhkan Lambatnya Proses Pencetakan e-KTP

Sementara pantauan Banten Hits.com pada pukul 02.30 WIB, kepadatan penumpang baik pejalan kaki, sepeda motor maupun kendaraan pribadi terus memadati setiap dermaga pelabuhan Merak untuk antre masuk ke dalam kapal.

Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak Diprediksi H-3 Lebaran

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Fahmi Alweni mengatakan, H-5 arus mudik lebaran 2018 Pelabuhan Merak terus mengalami peningkatan jumlah pemudik. Namun di perkirakan puncak arus mudik terjadi para H-3 Jelang lebaran.

“Pemudik pengguna kendaraan roda empat, roda dua maupun pejalan kaki, hingga saat ini mengalami peningkatan. Kendaraan roda empat meningkat 14 persen, bis 13 persen dan roda dua mengalami peningkatan 30 persen, namun saat ini belum mengalami puncak arus mudik. puncak kita prediksi akan terjadi pada H-3 lebaran” ujarnya.

BACA :  Serapan Anggaran OPD Rendah, Irna Bentuk Tim Khusus

Berdasarkan data yang diperoleh H-5 pihak PT ASDP Cabang Merak, dari pukul 08.00-08.00 WIB malam, pemudik yang telah menyeberang, roda dua 1.499, roda empat 5.230, bis 329, truk 1.016 dan penumpang 6.501.

“Untuk mengantisipasi lonjakan kepadatan pemudik, kita sudah menyiapkan 36 kapal, dari kapal ini diprediksi maksimal malam ini untuk antisipasi jika terjadi lonjakan,” tegasnya. (Rus)



Terpopuler