Connect with us

METROPOLITAN

Antisipasi Kaum Urban, Disdukcapil Cilegon Akan Gelar Operasi Yustisi

Published

on

Operasi Yustisi

Operasi Yustisi di Cilegon menyasar penghuni kos-kosan. (Foto: Dok. Banten Hits)

Cilegon – Pasca hari raya Idul Fitri, dipastikan akan banyak kaum urban yang menuju sejumlah kota yang dirasa bisa memberikan lapangan pekerjaan.

Salah satu di Provinsi Banten yakni Kota Cilegon. Kota ini memang banyak dilirik kaum urban untuk mengadu nasib lantaran banyaknya kawasan industri.

Untuk mengantisipasi bertambahnya kaum urban, Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) akan menggelar operasi yustisi. Operasi tersebut digelar berdasarkan surat edaran Plt Wali Kota Cilegon Edi Ariadi.

“Ya, kita sudah buat edaran agar pendatang baru wajib melapor ke RT/RW dan kelurahan setempat, ” kata Edi, Kamis (21/6/2018).

Pengawasan bersama dengan kepolisian kata Edi akan dilakukan terhadap kaum urban yang tertutup dan tidak berbaur dengan lingkungan setempat.

“Pak kapolres berpesan kita harus mewaspadai orang yang tertutup atau diam. Karena pendatang baru itu harus beradaptasi kepada warga sekitar,” pesan Edi.

Sementara itu, Kadisdukcapil Cilegon Soleh menjelaskan, operasi yustisi dilakukan dengan pihak lain yakni Satpol PP, polres dan Kodim Cilegon.

“Biasanya memang habis Lebaran banyak warga pendatang baru. Nanti kita akan koordinasi dengan pihak terkait untuk operasi ini,” ucapnya.(Nda)

Trending