BPN Pandeglang Lantik PPAT dan PPATS

Date:

BPN Pandeglang Lantik PPTAS
Sembilan camat dilantik menjadi Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara (PPATS) oleh BPN Pandeglang. (Foto: Banten Hits/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Kantor Pertanahan, Agraria, Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Pandeglang melantik Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) kabupaten dan Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara (PPATS), Senin (2/7/2018).

“Sebelum ada PPAT yang definitif maka secara defakto kepala wilayah (camat-red) lah yang bertanggung jawab, dan tugasnya sama seperti PPAT. Untuk jumlah PPAT kurang lebih 30 orang, kemungkinan ada penambahan lagi, tergantung keputusan Kementerian Agraria,” kata Kepala BPN Pandeglang Teguh Wiyana.

Ada sembilan camat yang dilantik menjadi PPATS yakni, Camat Picung Mujani Nur Ependi, Camat Sobang Subro Mulisi, Camat Mandalawangi Atep Purnama, Camat Angsana Holil Mz, Camat Cigeulis Kosasih, Camat Cadasari Basyar, Camat Patia Atang Suhana, Camat Carita Suntama, dan Camat Menes E Yuswoto. Sementara Adapun untuk PPAT kabupaten yaitu Bastian Hadyanto.

Pelantikan PPAT dan PPATS mengacu pada Keputusan Menteri Agraria Nomor: 161/KEP-400.20.3/IV/2018 11 April 2018 tentang Penunjukkan di Daerah Kerja sebagai Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) dan Keputusan Kanwil BPN Banten Nomor: 80/KEP-36.10/V/ 16 Mei 2018 tentang Penunjukan Camat sebagai PPATS di Lingkungan Pemkab Pandeglang.

Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban berharap, PPAT dan PPATS dapat meningkatan mutu pelayanan terhadap masyarakat.

“Kita harus dapat mewujudkan nawacita Bapak Presiden yaitu setiap jengkal tanah harus tercatat dan diketahui siapa pemiliknya. Jangan sampai persoalan tanah ini jadi masalah dikemudian hari,” kata Tanto.

PPAT dan PPATS juga diharapkan mensukseskan program Pendataan Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) yang pada tahun ini Pandeglang mendapat jatah kurang lebih 50 ribu hektar.

“Walaupun PPATS yang dilantik saat ini tidak masuk ke dalam kuota itu, tetap harus mensukseskan, sehingga jika nanti mendapatkan jatah bisa dengan mudah menyelesaikannya,” harap Tanto.(Nda)

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related