Connect with us

METROPOLITAN

Demo Vila Stephanie, Warga Carita Tolak Reklamasi

Published

on

Unjuk Rasa Tolak Reklamasi

Unjuk rasa ratusan warga menolak reklamasi di sekitar Vila Sthepanie, Carita, Pandeglang. (Foto: Banten Hits/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Ratusan warga Desa Sukarame, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang berunjuk rasa di depan Vila Stephanie dan Resort, Kamis (5/7/2018).

Warga menolak aktivitas reklamasi di sekitar villa yang sudah berlangsung sejak tahun 2016.

“Reklamasi hanya mengganggu aktivitas masyarakat, menguntungkan pribadi, sementara mata pencaharian masyarakat hilang akibat rusaknya terumbu karang,” kata Agus salah satu perwakilan warga dalam orasinya.

Selain menolak reklamasi, warga juga menyoal keberadaan vila tersebut yang diduga melanggar UU Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir Pantai dan Izin Mendirikan Bangunanan (IMB) yang diduga juga tidak ditempuh oleh pemilik vila.

“Kami mendesak Vila ini ditutup,” tegas Agus.

Kepala Desa Sukarame Zenal menuturkan pernah menandatangani rekomendasi izin reklamasi. Namun, izin reklamasi hanya sekitar 50-70 meter saja, tidak mencapai 250 meter.

“Kalau izin dari warga ada, diketahui oleh desa. Itu kan hanya sebatas pengantar saja. Itupun seingat saya izin reklamasinya cuma sampai kolam renang saja, tidak ada permohonan izin lagi setelah itu,” terangnya.(Nda)

Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Trending