Connect with us

METROPOLITAN

Sampah di Jalur Menuju Objek Wisata Pandeglang Dibiarkan Menumpuk

Published

on

Tumpukan Sampah di Jalan Labuan Pandeglang

Tumpukan sampah di pinggir Jalan Raya Labuan, Pandeglang. Jalan Raya Labuan merupakan jalur menuju objek wisata di Pandeglang. (Foto: Banten Hits/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Warga maupun pengendara yang melintas di Jalan Raya Labuan, tepatnya di Desa Bama, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang mengeluhkan dengan sampah yang menumpuk di pinggir jalan.

Pasalnya, selain membuat pemandangan menjadi tidak sedap dipandang, tumpukan sampah juga menimbulkan bau yang tidak sedap.

“Itu sampahnya tidak pernah diangkut ya? Soalnya setiap kali lewat sini, pasti bau. Cuma pernah sekali lihat sampahnya dibakar. Kalau enggak sering diangkut bisa nimbulin penyakit,” tutur Idana Baenul.

Pantauan Banten Hits, Kamis (12/7/2018), sampah yang dibiarkan menumpuk di pinggir jalan tersebut terdiri dari berbagai jenis sampah. Mulai dari barang-barang bekas, plastik maupun sisa makanan dan sayuran.

BACA :  Ada Potensi Kerugian Negara dan Dugaan Pelanggaran Hukum, Penggunaan Pendopo Lama oleh PT ABM Masuk Unsur Korupsi?

Padahal, tidak jauh dari tumpukan sampah, terdapat Tempat Penampungan Sementara (TPS) yang sudah ada pada tahun 2017. Sayangnya, TPS tersebut tidak dimanfaatkan sebagaimana mestinya karena sampah di TPS juga tak kunjung diangkut.

Mirisnya, tumpukan sampah tersebut berada di pinggir jalur yang menjadi salah satu akses menuju objek wisata di Kabupaten Pandeglang, seperti Pantai Tanjung Lesung, Pulau Umang dan lain sebagainya.

“Tumpukan sampah di sana membawa kesan buruk bagi Pandeglang yang dikenal sebagai daerah wisata, apalagi di jalan Nasional dan jalan yang sering dilalui wisatawan untuk menuju objes wisata,” ungkap Ketua Gemasaba Pandeglang Rian Supriatna.

Rian menyayangkan, mandulnya Perda Nomor 4 Tahun 2008 tentang Kebersihan, Keindahan, dan Ketertiban (K3). Pasalnya, dalam Perda tersebut disebutkan, denda sebesar Rp25 juta dikenakan bagi siapapun yang membuang sampah sembarangan.

BACA :  Warga Diizinkan Berwisata ke Kota Badak; Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pandeglang Kebingungan

“Kalau Pemkab Pandeglang sampai ke tingkat desa serius mewujudkan kebersihan pasti terwujud, karena tumpukan sampah bukan hanya tejadi di sana, di daerah lain seperti Teluk juga sama,” ucap Rian.(Nda)



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler