Connect with us

METROPOLITAN

Lahan Gertam Kekeringan, Irna Instruksikan Distan Kirim Pompa Air

Published

on

Irna Narulita Gertam Kedelai

Irna Narulita didampingi pejabat Pemkab Pandeglang bersama masyarakat melakukan gertam kedelai di Desa Ciburial. (Foto: Banten Hits/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Bupati Pandeglang Irna Narulita bersama masyarakat Desa Ciburial, Kecamatan Cimanggu melakukan gerakan tanam (gertam) kedelai, Senin (16/7/2018).

Namun, sekitar 10 hektar lahan yang menjadi lokasi gertam rupanya mengalami kekeringan. Irna langsung memerintahkan Dinas Pertanian (Distan) untuk mengirimkan pompa air agar lahan tersebut bisa segera terairi.

“Ibu lihat di sana ada mata air, ini lokasinya kekeringan. Dinas tolong langsung kirim mesin pompa air, surat belakangan barangnya dulu kirim,” kata Irna.

Kecamatan Cimanggu, umumnya Kabupaten Pandeglang memang ditargetkan menjadi sentra kedelai sehingga mampu memenuhi kebutuhan Provinsi Banten dan Jakarta.

BACA :  Mendagri Minta Siskamling kembali Diaktifkan

“Petani harus sering melakukan gertam, apalagi di sini banyak lahan tidur. Ibu akan terus berupaya agar di era kepemimpinan ibu, masyarakat bisa sejahtra,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Holtikura Distan Pandeglang Heni Supiani mengatakan, pihaknya akan segera mengirim 1 unit pompa air untuk mengairi lahan tersebut. Selain mengairi lahan yang kekeringan juga diyakini dapat memenuhi target gertam yang mencapai 1.685 hektar.

“Kita berikan bantuan pompa air,” imbuhnya.(Nda)



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler