Connect with us

METROPOLITAN

Distan Berharap Pandeglang Jadi Daerah Penyuplai Cabai Terbesar di Banten

Published

on

Bupati Pandeglang Irna Narulita Gerakan Panen Cabai

Bupati Pandeglang, Irna Narulita meminta BUMDes bisa membeli hasil panen petani untuk mendorong kesinambungan perekonomian masyarakat. (Banten Hits/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pandeglang menggelar gerakan panen cabai dan penyerahan bibit secara simbolis di Desa Kadupayung, Kecamatan Menes, Selasa (2/10/2018).

Kepala Distan Pandeglang, Budi Lazuardi mengatakan, selain di wilayah Menes, gerakan panen cabai juga dilaksanakan di Kecamatan Cibitung.

BACA JUGA: Wujudkan Swasembada Pangan, Irna Minta Tiap Rumah Tanam 10 Pohon Cabai

Budi berharap, dengan luas lahan tanam cabai 322 hektar, Pandeglang bisa menjadi daerah penyuplai cabai terbesar di Provinsi Banten.

“Cabai merah 216 hektar, dan cabai rawit 106 hektar, tersebar di beberapa Kecamatan,“ katanya.

BACA :  Pimpinan Hotel Le Dian Tak Kompak soal Asal Sate Bandeng Berbelatung

Adapun bibit yang dibagikan kepada kelompok tani dan masyarakat terdiri dari bibit manggis dan petai.

“Bibit petai 13.100 batang, dan manggis 5.000 batang. Untuk di Menes 500 batang untuk dua desa, yaitu Purwaraja dan Kadupayung,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang, Irna Narulita yang turut hadir mendorong hasil panen para petani dibeli oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Hal tersebut bertujuan menciptakan kesinambungan perekonomian di pedesaan.

“BUMDes yang bekerja sama dengan swasta. Sehingga, keuntungan dari petani dapat, dari swasta juga dapat,” ucap Irna.(Nda)



Terpopuler