SIPI Tak Kunjung Terbit, Nelayan Pandeglang Pilih Tak Melaut karena Takut Razia Polairud

Date:

Nelayan Pandeglang
Nelayan di Pandeglang tengah merapikan jaring untuk menangkap ikan di laut. (Dok.BantenHits.com)

Pandeglang – Surat izin penangkapan ikan atau SIPI yang dimohonkan nelayan Pandeglang tak kunjung diterbitkan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Provinsi Banten. Jalur yang birokratis menjadi musabab lambatnya penerbitan SIPI. Padahal nelayan sangat membutuhkan SIPI tersebut supaya bisa segera melaut mencari nafkah.

Dengan lambatnya penerbitan SIPI ini, Wakil Ketua Paguyuban Nelayan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Herman mengaku khawatir jika ada razia dari Polairud Polres Pandeglang. Karenanya, untuk menghindari razia, nelayan memilih tidak melaut jika ada razia.

“Saya juga membuat SIPI udah sebulan belum selesai. Nelayan sering tidak melaut kalau ada razia. Pemprov Banten tidak ada pedulinya ini kepada nelayan, kontribusinya tidak ada,” kata Herman kepada BantenHits.com, Jumat, 30 November 2018.

Ia beraharap agar pemerintah Provinsi Banten membuat proses pelayanan yang cepat bagi permohonan pembuatan SIPI untuk nelayan.

“Kami terkendala karena tidak adanya SIPI itu, ya maunya mah ingin segera diselesaikan,” tuturnya.

Kabid Perikanan Tangkap pada Dinas Perikanan Pandeglang, Andriawan mengakatan setiap perizinan yang dibawah naungan Provinsi harus memiliki legitimasi dari DPMPTSP Provinsi, akan tetapi saat ini gerai jemput bola milik Adm DPMPTSP tersebut kurang efektif, karena semua perijinannya ada keterlambatan bahkan menumpuk.

BACA JUGA: Proses Pembuatan SIPI di DPMPTSP Banten Lambat, Nasib Nelayan di Kabupaten Pandeglang Terkatung-katung

“Untuk persoalan SIPI itu, sebetulnya semua kepada DPMPTSP kewenangan penandatanganannya, dari situlah ada permasalahan sering ada keterlambatan, bahkan dalam prosesnya pun sering ditumpuk dan dikolektif terlebih dahulu untuk mendapatkan tanda tangan perijinan,” katanya, Kamis (29/11/2018).(Rus)

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....