Connect with us

METROPOLITAN

BPPT Luncurkan Stasiun Pengisian Listrik Pertama di Puspitek

Published

on

stassiun-pengisian-mobil-listrik

BPPT luncurkan Stasiun Pengisian Listrik pertama di Puspitek, Kota Tangsel. (BantenHits.com/ Ade Indra Kusuma)

Tangsel – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi atau BPPT meluncurkan dua Stasiun Pengisian Listrik atau Electric Vehicle Charging Station (EVCS) karya anak bangsa di Kantor BPPT II Jakarta Pusat dan B2TKE-BPPT Puspiptek, Tangerang Selatan, Rabu 5 Desember 2018.

Wujud kedua stasiun pengisian daya mobil listrik ini serupa dengan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) pada kendaraan konvensional.

Peluncuran tempat pengisian daya mobil listrik ini dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kepala Staf Presiden Moeldoko.

“Sejalan dengan program percepatan mobil listrik nasional, pada tahun 2018, BPPT menyiapkan dua sistem charging station yaitu Fast charging station 50 kW di BPPT Jakarta dan smart charging station 20 kW di B2TKE-BPPT Puspiptek, Tangerang Selatan,” kata Deputi BPPT Bidang Teknologi Informasi Energi dan Material (TIEM) Eniya Listiani Dewi.

BACA :  Kemenag Evaluasi Kinerja Pegawai Delapan Sekolah Negeri Di Lebak

Selain itu, BPPT melakukan uji coba mobil listrik untuk operasional sehari-sehari dengan melakukan road trip dari Jakarta ke Tangerang Selatan dan sebaliknya.

Sebagai uji coba fasilitas tersebut disiapkan tiga bahan sampel uji kendaraan, berupa kendaraan listrik roda dua, micro car, dan city car.

“Road trip kendaraan listrik dan peluncuran charging station kendaraan listrik ini mulai dari kantor BPPT Thamrin menuju Puspiptek, Tangsel,” jelasnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Mengapresiasi adanya EVCS. Katanya hal itu akan semakin mempermudah masyarakat dalam memilih kendaraan.

“Sekarang dengan adanya kendaraan listrik penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) akan semakin berkurang dan akan lebih hemat,” tukasnya.(Rus)

BACA :  113 CPNS Terima SK, Sachrudin Minta Aparat Pemerintah Ubah Kebiasaan


Terpopuler