Warga Berangkat Berlibur Lebih Awal, Lonjakan Penumpang di TTM Terjadi sejak Sabtu Minggu

Date:

ilustrasi penumpang di Terminal Terpadu Merak
Para penumpang yang tiba di Pelabuhan Merak. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada arus balik Imlek, PT ASDP Ferry Merak mengoperasikan 27 Kapal Roro. (FOTO: Iyus Lesmana/ Banten Hits)

Cilegon – Jelang libur Natal dan tahun baru 2019, jumlah penumpang di Terminal Terpadu Merak atau TTM mulai mengalami peningkatan. Penumpang lebih memilih melakukan perjalanan lebih awal dari beberapa daerah di Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera dengan tujuan guna menghindari desak-desakan dengan penumpang lainnya saat melakukan perjalanan.

Saat dikonfirmasi Kepala Satuan Pelayanan TTM pada BPTD Wilayah VIII Provinsi Banten Sugiyo mengungkapkan, peningkatan jumlah penumpang terminal type A tersebut sudah terjadi Sabtu dan Minggu, 15 dan 16 Desember 2018.

“Normalnya perhari itu kisaran 400 orang yang biasa menyeberang. Tapi dua hari ini mulai meningkat karena ada libur sekolah. Mulai Sabtu malam pukul 20.00 WIB sampai Minggu 08.00 WIB Pagi penumpang sebanyak 849 orang. Sementara hari Minggu pagi pukul 08.00 WIB sampai malam hari, penumpang sebanyak 1.126 orang,” ungkapnya, Senin, 17 Desember 2018.

Sugiyo memamaparkan, jika pada angkutan natal dan tahun 2019 peningkatan jumlah penumpang diprediksi mengalami peningkatan sebesar 3 persen dibandingkan pada tahun sebelumnya.

“Ini kita prediksi akan terus mengalir hingga Tahun Baru. Karena libur Natal dan Tahun Baru ini dibarengi libur anak sekolah,” paparnya.

Subagyo kembali mengungkapkan, guna menghindari terjadinya kecelakaan saat perjalanan, pihaknya telah melakukan ramp check kepada seluruh armada bus yang beroperasi di TTM.

“Ramp check sekarang ini berbeda, jadi kita melakukan secara internal. Jadi yang kita lakukan rampcheck ini secara visual dan kita tidak bisa tindakan hukum,” imbuhnya. (Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...