BMKG Pasang Alat Peringatan Dini Tsunami di Sekitar Gunung Anak Krakatau

Date:

BMKG Pasang Alat Peringatan Dini Tsunami di Sekitar Gunung Anak Krakatau
Kepala BMKG Prof Dwikorita Karnawati seusai pemasangan alat pendeteksi Tsunami di sekitar Gunung Anak Krakatau. (BantenHits.com/ Engkos Kosasih) 

Pandeglang – Pasca terjadinya tsunami Selat Sunda akibat longsor bawah laut Gunung Anak Krakatau (GAK), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memasang alat peringatan dini tsunami di sekitar GAK tepatnya di wilayah Pulau Subesi.

Kepala BMKG Prof Dwikorita Karnawati mengatakan alat peringatan dini tsunami untuk mengukur tinggi gelombang dan cuaca di sekitar Gunung Anak Kraktau.

“Yang sudah terpasang satu di Pulau Subesi, sebenarnya yang paling dekat dengan GAK adalah Pulau Sertung, karena cuaca yang tidak memungkinkan kita tidak bisa menjangkau kesana,” katanya di Posko Terpadu Tsunami Selat Sunda, Labuan, Kabupaten Pandeglang, Selasa malam 1 Januari 2019.

Setelah alat pendeteksi tsunami dipasang di Pulau Subesi, Dwikorita memastikan jika data terkait tsunami sudah dipastikan ada di setiap BMKG yang ada di Indonesia. Sehingga, ketika permukaan air laut naik BMKG sudah mengetahui lebih dini.

“Insya Allah ketika air laut naik secara signifikan kita sudah tau lebih dini dan cepat untuk menginformasikan, karena posisinya sangat dekat dengan Gunung Anak Krakatau,” jelasnya.(Rus)

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related