Ada Aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia, Gempa Berkekuatan 4 Skala Richter Guncang Kabupaten Pandeglang

Date:

BMKG merilis telah terjadi Gempa berkekuatan 4 Skala Richter akibat aktivitas subduksi Lemepengag Indo-Australia. (Istimewa).

Pandeglang– Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis telah terjadi gempa bumi berkekuatan 4 Skala Richter mengguncang Kabupaten Pandeglang, Kamis, 28 Februari 2019.

Gempa yang mengguncang pukul 07.54 WIB bertitik fokus di Kecamatan Labuan atau terletak pada koordinat 7.35 LS dan 105.33 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 95 Km Barat Daya Pandeglang, pada kedalaman 11 km.

Baca Juga: Gempa 5,2 Skala Richter Guncang Kabupaten Lebak Tepat di Hari Valentine

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan Joko Siswanto melalui keterangan tertulisnya mengatakan gempa tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia dan terjadi deformasi batuan hingga memicu terjadinya gempa bumi.

“Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Labuan III MMI,” kata Siswanto, Kamis 28 Februari 2019.

Menurutnya, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa Bumi tersebut. Dari pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 08:20 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan terjadi 1 Gempa Bumi  susulan. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,”ujarnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related