Connect with us

METROPOLITAN

Parah! Formulir Pelayanan Administrasi Kependudukan di Pandeglang Dijual di Lapak Fotokopi

Published

on

Formulir F.1-16 untuk pengurusan perubahan data Kependudukan diduga diperjualbelikan di lapak Fotokopi. (Engkos Kosasih/BantenHits).

Pandeglang- Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pandeglang mulai dikeluhkan masyarakat khususnya pelayanan perubahan kartu keluarga (KK). Pasalnya pemohon diharuskan membeli formulir F-1.16 di sebuah warung fotokopi yang berada di belakang kantor Disdukcapil sebagai salah satu sarat mengurus kependudukan.

Informasi diperoleh, warga yang hendak mengurus KK ke Disdukcapil Pandeglang, diarahkan terlebih dahulu untuk membeli formulir F-1.16 ke fotocopyan tersebut oleh petugas yang memegang nomor antrian.

Hidayatul salah seorang warga yang hendak mengurus KK mengaku heran harus membeli formulir F-1.16 terlebih dahulu ke fotocopyan belakang Disdukcapil. Pasalnya, setau dia formulir F-1.16 itu langsung disediakan oleh Disdukcapil dan gratis.

“Loh kok beli dulu formulirnya? Emang di Disdukcapil tidak ada formulir (F-1.16) ya?,” kata Hidayatul, Senin, 13 Mei 2019.

Dari hasil penelusuran Bantenhits, warung fotocopy yang letaknya berdekatan dengan kantor Disdukcapil Pandeglang  itu menyimpan tumpukan formulir F-1.16 di lemarinya. Dua wanita penjaga fotocopy itu menjual satu formulir F-1.16 dengan harga Rp500.

Saat dikonfirmasi Sekertaris Disdukcapil Pandeglang, Raden Saeful Arif membantah jika formulir itu dijual belikan di fotocopyan. Ia beralasan bahwa itu hanya untuk mempermudah pelayanan.

“Bukan dijual, itu mungkin motocopy bayar mungkin gitu, karena memang disini kehabisan. Ceritanya untuk mempermudah,”kilahnya.

“Orang potocopyan dapat dari kantor formulir nya,”tambahnya.

Menurutnya, selama format formulirnya tidak berubah, maka boleh saja formulir tersebut di miliki.

“Boleh selama formatnya tidak berubah karena itu insidentil mungkin karena disana (Fotocopy) pengguna jasa. Tapi baiknya pendaftar itu langsung di kasih formulirnya,”tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah

 

Trending