Embung di 7 Desa di Pandeglang Mengering, Perairan ke Sawah Tersendat

Date:

Kekeringan melanda 553 hektar sawah di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang. (BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Pandeglang- Kemarau panjang yang melanda Kabupaten Pandeglang, membuat embung desa tidak berfungsi secara maksimal. Padahal, pembangunan embung di harapkan dapat mengairi pesawahan ketika musim kemarau.

Dari data yang berhasil dihimpun Bantenhits, beberapa desa yang sudah memiliki embung mulai mengering, seperti Desa Tarumanagara, Desa Cigeulis, Kecamatan Cigeulis, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Desa Tegal Papak, Kecamatan Pageladan, dan Desa Sukawaris, Sumur Batu, Cikadongdong, Curug Ciung, Umbulan, Kecamatan Cikeusik.

Camat Cikeuik, Dani Ramdani mengakui jika embung desa tidak berfungsi secara maksimal. Dia mengungkapkan, dari 14 Desa yang ada di Cikeusik, 7 Desa diantaranya memiliki embung yang mulai mengering.

“Ada 7 Desa yang embungnya mulai mengering, daya simpan airnya kurang, dan  penematan lokasinya tidak sesuai (Dekat mata air) tapi ada juga yang masih berfungsi,” kata Dani ketika dihubungi Bantenhits, Selasa, 2 Juli 2019.

Selain embung desa yang tidak berfungsi, Dani juga mengungkap saluran irigasi yang biasa mengairi pesawahan di Cikeusik tidak berfungsi maksimal, hal itu karena adanya pendangkalan tanggul Cibaliung.

“Irigasi juga mengering, tidak ada airnya. Ya karena ditanggul Cibaliungnya ada pendangkalan,” jelasnya.

Sementara Camat Panimbang, Suaedi Kurdiatna mengklaim embung di Kecamtan Panimbang hampir semuanya masih belum kering. Hanya saja, ada satu embung di Desa Tanjungjaya yang mengering.

“Cuma ada satu desa di Tanjungjaya itu sudah mengering. Tapi itu suka di bantu oleh jet pam (Mesin Pompa Air) diisi airnya,” ungkapnya.

Sementara Kepala DPMPD Kabupaten Pandeglang, Taufik Hidayat tidak mengetahui secara keseluruhan berapa desa yang embungnya mengering.

“Di Kabupaten Pandeglang dari 326 Desa baru ada 150 Desa yang memiliki embung. Tapi saya tidak tau ada berapa embung yang mengering dan tidak berfungsi,” tambahnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...