Punya Target 1,9 Miliar, Disperindag Pandeglang Kesulitan Capai PAD Gara-gara Ini

Date:

Kepala Disperindag Kabupaten Pandeglang Andi Kusnardi ketika memberikan keterangan pers mengenai capaian PAD pasar. (BantenHits.com/Engkos Kosasih).

Pandeglang – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pandeglang mengaku kesulitan untuk menarik Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sejumlah pasar yang dikelola oleh Pemerintah Daerah.

Kepala Disperindag Pandeglang, Andi Kusnardi mengatakan target PAD pada tahun ini mencapai 1,9 Miliar, namun dari Januari sampai Agustus 2019 baru tercapai 48 persen. Hal itu karena, masih ada beberapa pasar yang belum melakukan MOU penarikan PAD dengan Disperindag.

“PAD kita total 1,9 Miliar saat ini baru mencapai 48 persen. Memang belum maksimal karena ada beberapa MOU seperti pasar Menes, yang belum di serahkan PAD ke kami,” kata Andi kepada Bantenhits, Rabu, 28 Agustus 2019.

Selain itu, lanjut Andi belum optimalnya penarikan PAD dari 17 Pasar di Pandeglang, karena masih ada beberapa pasar yang fasilitasnya rusak, seperti Pasar Pandeglang, Picung, Panimbang, dan Saketi.

“Menurut saya, pemerintah daerah ini jangan hanya memungut retrubusi PAD saja, kita juga harus memberikan pelayanan kepada mereka, karena memang fasilitas di pasar pasar ini banyak yang rusak seperti roling dor, toilet.  Nah ini harus kita benahi dengan anggaran kita, supaya potensi PAD bisa maksimal,” jelasnya.

Andi mengaku sudah menganggarkan anggaran perbaikan pasar melalui APBD Perubahan tahun 2019, sebesar Rp350 juta untuk perbaikan empat pasar itu. Dia juga optimis PAD sebesar itu bakal tercapai.

“Perubahan akan kita perbaiki, total anggaran ada Rp350 juta lumayam untuk perbaikan beberapa kios dan toilet di empat pasar. Apabila ada tambahan lain, di 17 pasar insya allah PAD kita akan tercapai,” tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...