Jelang Musim Hujan, Tagana Sebut 18 Kecamatan di Pandeglang Rawan Berpotensi Banjir 

Date:

Ketua Tagana Kabupaten Pandeglang, Ade Mulyana saat memberikan keterangan pers mengenai pemetaan daerah rawan hujan. (BantenHits.com/Engkos Kosasih).

Pandeglang – Menjelang musim hujan di Kabupaten Pandeglang, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Pandeglang mulai memetakan beberapa wilayah yang memiliki potensi banjir setiap tahunnya.

Dari catatan Tagana, sedikitnya 18 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pandeglang memiliki potensi banjir, ke 18 Kecamatan itu yakni, Kecamatan Saketi, Bojong, Picung, Sindangresmi, Munjul, Angsana, Cikeusik, Panimbang, Sobang, Sukaresmi, Patia, Pagelaran, Labuan, Cisata, Menes, Cikedal, Carita dan Cigeulis.

“Kalau wilayah Pandeglang di guyur hujan deras selama beberapa hari, potensi banjir ada di 18 Kecanatan. Tetapi kalau hujanya hanya sehari paling di 13 Kecanatan,” kata Ketua Tagana Pandeglang, Ade Mulyana di ruangan kerjanya, Rabu, 4 September 2019.

Selain memetakan wilayah yang memiliki potensi banjir, Tagana juga menyiapkan anggotanya yang tersebar di 35 Kecamatan untuk mensosialisasikan tanggap siaga bencana. Agar, ketika terjadi banjir tidak ada korban jiwa.

“Kami melalui KSB (Kampung Siaga Bencana) dan para anggota di tiap Kecamatan sudah mensosialisasikan sejak dini,” ujarnya.

Namun sejauh ini, Ade mengaku belum mendapat informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kapan terjadinya hujan.

“Belum ada informasi, meski begitu ketika ada bencana banjir tahunan, kami sudah siap,” tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah  

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...