Connect with us

EKONOMI & BISNIS

Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Bapok di Pasar Rangkasbitung Diprediksi Tak Bakal Naik

Published

on

Petugas Dinas Pertanian memeriksa daging di Pasar Badak

FOTO Ilustrasi. Petugas Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, memeriksa daging di Pasar Badak, Jumat, 3 Mei 2019. Dinas Pertanian memastikan daging di Pasar Badak Pandeglang bebas bahan pengawet. (BantenHits.com/Engkos Kosasih)

Lebak- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak memprediksi menjelang natal dan tahun baru harga bahan pokok (Bapok) di Pasar Rangkasbitung tidak akan mengalami kenaikan.

Dari catatan Disperindagpas, setiap natal dan tahun baru selama ini, permintaan kebutuhan pokok tidak mengalami peningkatan.

“Berbeda saat menghadapi ramadan serta hari raya idul fitri, dimana permintaan semua jenis kebutuhan pokok mengalami kenaikan, sehingga dampaknya harga jualnya pun turut mengalami kenaikan,”ujar Kepala Bidang Perdagangan pada Disperindag Kabupaten Lebak Agus Reza kepada awak media, Selasa, 10 Desember 2019.

BACA :  6 Juta TKI Sumbang Devisa Negara Rp125 Triliun

Agus membeberkan beberapa jenis kebutuhan pokok yang tidak akan mengalami kenaikan harga pada natal dan tahun baru di antaranya daging sapi, daging kerbau, ayam negeri, minyak goreng, gula pasir, beras, serta bumbu-bumbuan dan sayur mayur.

“Kami yakini menjelang natal dan tahun baru sekarang, harga berbegai jenis kebutuhan masyarakat tetap normal. Beras, daging sapi dan kerbau serta minyak dan gula tidak akan mengalami kenaikan harga,”katanya.

Ia mengklaim kerap melakukan komunikasi rutin dengan para pedagang di sejumlah pasar di Lebak, untuk mengetahui secara langsung terkait harga kebutuhan masyarakat menjelang natal dan tahun baru.

“Dari hasil komunikasi dengan para pedagang di sejumlah pasar, semuanya mengatakan setiap tahun saat natal dan tahun baru jarang sekali terjadi kenaikan harga,”ucapnya.

BACA :  Bengkel Pengecatan milik Asuransi Central Asia di Cilegon Terbakar

Sementara Kepala Disperindag Lebak Dedi Rahmat membenarkan bila berbebagai jenis kebutuhan masyarakat menjelang natal dan tahun baru tidak akan mengalami kenaikan. Hal itu diyakini karena jarang sekali terjadi peningkatan permintaan pasar pada momen itu.

“Di Lebak itu hanya saat puasa ramadan serta idul fitri yang mengalami peningkatan permintaan pasar,” terang Dedi.

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler