Smanti Expofest Cara SMA Negeri 3 Rangkasbitung Cetak Siswa Berjiwa Wirausaha di Era 4.0

Date:

Plt Kepala Dindikbud Banten M Yusuf (Batik) didampingi Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Rangkasbitung Ucu Lena Murtadewi saat membuka secara simbolis Smanti Expofest ke-3. (BantenHits.com/Fariz Abdullah).

Lebak- SMA Negeri 3 Rangkasbitung menggelar acara Smanti Expofest di Jalan Letnan Muharam, Kelurahan Muara Ciujung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Sabtu, 14 Desember 2019. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang wirausaha di era revolusi industri 4.0.

Acara yang dibuka langsung Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten M. Yusuf ini merupakan salah satu program SMA Negeri 3 Rangkasbitung yang sengaja diselenggarakan untuk mengembangkan potensi peserta didik.

Kepala SMA Negeri 3 Rangkasbitung, Ucu Lena Murtadewi mengatakan Smanti Expofest ini sudah terselenggara ke tiga kalinya. Dalam acara ini, Ucu menjelaskan para pelajar menampilkan hasil kreasi baik kerajinan tangan, olahan kuliner sampai pentas seni tari.

“Jadi selain akademik para pelajar SMA Negeri 3 Rangkasbitung mendapatkan ilmu dan pembelajaran mengenai kewirausahaan. Nah hasil pembelajaran itu kita tampilkan di acara Smanti Expofest ke-3 ini,”kata Ucu dalam sambutannya.

“Kita siapkan bazar wirausaha yang memamerkan hasil olahan tangan, kreasi para pelajar sehingga masyarakat luas bisa mengetahui apa saja yang telah dipelajari oleh peserta didik di sekolah khususnya dalam bidang kewirausahaan,”sambungnya.

Menurut Ucu, Smanti Expofest ini juga menjadi salah satu cara SMA Negeri 3 Rangkasbitung untuk mengurangi angka pengangguran.

“Seharusnya lulus dari SMA itu ya dilanjutkan ke perguruan tinggi. Namun faktanya memang tidak semua peserta didik bisa berkuliah jadi kita siapkan program kewirausahaan agar saat lulus dan tidak melanjutkan sekolah mereka bisa berwirausahan sehingga tidak menganggur,”tuturnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten M. Yusuf mengapresiasi kegiatan Smanti Expofest ke-3 yang diselenggarakan SMA Negeri 3 Rangkasbitung.

Ia menilai acara tersebut berhasil mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki jiwa kewirausahaan dan seni. Hal tersebut, sambung Yusuf, terlihat dari serangkaian acara yang ditampilkan para siswa untuk membuka Smanti Expofest ke-3.

“Kita lihat banyak olahan makanan, kreasi dan seni tradisional yang dipamerkan siswa dalam acara. Ini bagus, harus terus dikembangkan baik acara maupun potensi siswanya agar ke depan muncul pelajar-pelajar berbakat di Kabupaten Lebak,”imbuhnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....