Connect with us

METROPOLITAN

Ogah Kampungnya Kebanjiran, Pemuda di Citeureup Pandeglang Nekat Menyelami Muara yang Penuh Sampah

Published

on

Dua pemuda di Citeureup, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, nekat menyelami muara yang dipenuhi tumpukan sampah. Mereka menyingkirkan sampah karena tak mau kampung mereka kebanjiran. (BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Intensitas hujan di Kabupaten Pandeglang dan sekitarnya dalam beberapa hari sangat tinggi. Beberapa wilayah di Pandeglang bahkan sudah terendam banjir, seperti Kecamatan Sobang, Sukaresmi, Panimbang, Sindangresmi, Angsana, dan Kecamatan Patia.

Tidak ingin banjir menerjang Desa Citeureup, Kecamatan Panimbang, para pemuda desa nekat menyelami muara yang dipenuhi sampah. Mereka bahu membahu mengangkat sampah yang menumpuk di bawah gorong-gorong.

Kohri salah seorang perenang mengaku tidak peduli meski harus bergelut dengan sampah. Asalkan, sampah yang menumpuk di gorong-gorong muara bisa bersih, sehingga air tidak tersumbat dan meluap ke pemukiman warga.

BACA :  Lita Dewi Diketahui Hilang saat Berangkat Kerja

“Enggak apa-apa (berenang membersihkan sampah). Kami khawatir terjadi banjir, akibat salurannya tersumbat,” kata Kohri, Sabtu, 11 Januari 2020.

Warga lainnya, Deden Sudiana mengatakan banyak masyarakat yang membuang sampah ke muara tersebut. Sehingga, khawatir membuat muara tersumbat. Dia berharap, selah dibersihkan, masyarakat tidak sembarangan membuang sampah.

“Aksi ini sebetulnya untuk mengingatkan kita, bahwa sangat penting menjaga lingkungan agar tetap bersih, salah satunya muara ini. Kalau muara ini, tersumbat pemukiman dan pasar pasti terendam,” tambahnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler