Pabrik di Tangerang Setop Produksi sejak Virus Corona Merebak, Gelombang Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Merak

Date:

FOTO ILUSTRASI: Antrean kendaraan saat akan menyebrang dari Pelabuhan Merak menuju Pulau Sumatera. (Dok.BantenHits.com)

Cilegon – Gelombang pemudik menuju ke Pulau Sumatera mulai terlihat memadati Pelabuhan Merak, Minggu dini hari, 5 April 2020.

Para pemudik umumnya merupakan karyawan sejumlah perusahaan di Jakarta dan Tangerang yang sudah setop produksi sejak virus Corona (Covid-19) merebak.

Dilansir Suara.com–jaringan BantenHits.com, ratusan pengendara motor dan puluhan mobil pribadi menyeberang dari Dermaga 7 Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheuni, Lampung. Antrean terpantau sejak pukul 01.30 – 03.00 WIB. 

Seorang pemudik Irfan Salim mengaku terpaksa memilih mudik ke kampung halaman, lantaran pabrik tekstil tempatnya bekerja di Tangerang berhenti dioperasikan selama wabah Corona.

“Iya mau mudik ke Kalianda. Bukan karena corona sih, tapi karena pabriknya sudah di lockdown, diliburkan dua sampai tiga minggu infonya,” ucap Irfan.

Meski begitu, ia belum tahu sampai kapan akan tinggal di kampung halaman dan kembali ke tempat perantauannya di Tangerang, meski pabrik tempatnya bekerja hanya diliburkan dua minggu.

“Enggak tau kapan balik lagi ke Tangerang, mungkin sampai pabrik nelepon untuk bekerja kembali,” ujarnya.

Senada dengan Irfan, pemudik lainnya Ilham Soleh juga memilih hal yang sama. Ilham tercatat sebagai karyawan swasta sebuah perusahaan di Jakarta menuturkan, tempat kerjanya diliburkan karena wabah Covid-19 yang makin merebak di ibu kota.

“Mau pulang mas, ya mau gimana kerjaan nggak ada, sudah diliburkan,” kata Ilham.

Namun, ia berdalih jika kepulangan dirinya ke kampung halaman bukan karena merebaknya wabah Covid-19. Lebih lanjut, dia mengemukakan bakal menetap di kampung halaman hanya sampai waktu libur Idul Fitri selesai saja.

Saat disinggung kenapa memilih malam hari melakukan penyeberangan, Ilham menegaskan jika posisi malam hari lebih nyaman dan tidak panas saat berkendara dari Jakarta menuju ke Pelabuhan Merak.

“Iya ini bawa anak dan istri, daripada enggak ada kerjaan mending pulang. Bukan karena Corona sih, karena nggak ada kerjaan aja. Sengaja malam, kalau siang kan panas. Di kampung paling sampai beres lebaran lah balik lagi ke Jakarta,” ungkapnya.

Selama gelombang pemudik berlangsung, di Pelabuhan Merak tidak terlihat pemberlakuan standar operasional prosedur (SOP) yang dikeluarkan Kemenkes untuk pencegahan penyebaran covid-19 kepada para pengguna jasa transportasi laut saat akan memasuki Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten.

Saat awak media mencoba mencari informasi terkait situasi pemudik di Pelabuhan Merak, seorang petugas keamanan di Dermaga 7 Pelabuhan Merak yang enggan menyebutkan namanya sempat menuturkan jika pada Sabtu dini hari, 4 April 2020 dini hari tadi sempat terjadi antrean panjang kendaraan bermotor di loket online dermaga reguler.

“Iya tadi sempet ngantri sih, karena mungkin loket online-nya belum siap,” ujarnya.

Namun saat dimintai keterangan lebih lanjut, ia pun enggan memberikan keterangan. Sementara pihak Pelabuhan Merak belum bisa dikonfirmasi terkait hal itu karena waktu yang tidak memungkinkan.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....