Connect with us

Advertorial

Dinkes Kab. Serang Siapkan Tempat Isolasi Antisipasi Lonjakan Pemudik dari Zona Merah Covid-19

Published

on

Dinkes Kab. Serang saat menggelar rapat pembahasan pembangunan tempat isolasi untuk mengantisipasi lonjakan pemudik dari zona merah Covid-19. (Istimewa)

Serang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang siapkan dua pilihan tempat yang akan digunakan untuk isolasi Orang Dalam Pemantauan (OPD) seperti masyarakat Kabupaten Serang yang baru saja mudik dari daerah Zona merah seperti Jakarta dan Jawa Barat.

Plt Kepala Dinkes Kabupaten Serang Dokter Agus Sukmayadi mengatakan rencana dicanangkan setelah mendapat informasi dari daerah lain yang menyiapkan tempat isolasi.

“Digunakan kalau memang daya tampung rumah sakit sudah over kapasitas. Di Kecamatan Petir sudah menyiapkan rumah singgah bagi warganya yang baru saja pulang dari Jakarta,” katanya kepada awak media di usai melakukan monitoring Puskesmas Petir, Kabupaten Serang, Rabu 8 April 2020.

BACA :  Dukung Iye-Awab di Pilkada Kota Cilegon, Mantan Prajurit Lulusan Terbaik Akmil Tahun 2000 Beri Instruksi

Sehingga isolasi tersebut bisa terpenuhi, hal ini juga lebih efektif bagi para kesehatan di puskesmas bisa melakukan pemeriksaan terpusat disatu tempat.

“Nah rumah singgah kabupaten ini di siapkan untuk ruang isolasi mandiri ditingkat kabupaten kota harapkan tidak di perlukan ya. Isolasi ini digunakan untuk OPD tinggat tinggi,” tuturnya.

Dua pilihan tempat isolasi atau rumah singgah di kabupaten seperti hotel Marbella dan gedung Korpri yang akan digunakan, para pemudik dari zona merah, selama 14 hari.

“Sebelum mereka pulang kami inapkan dulu dan oantau kesehatannya oleh tim medis, sehingga mereka pulang dengan tidak membawa virus masing-masing,” ungkapnya.

Ia pun meminta masyarakat kabupaten serang yang baru saja pulang dari Jakarta maupun sebagainya untuk laporan ke Desa masing-masing, dan selanjutnya akan ditetapkan Orang Tanpa Gejala (OTG).

BACA :  Pemkab Lebak Tutup Tambak Udang Ilegal Seluas 1,2 Hektare di Cihara Lebak

“Kalau naik status yang ditetapkan oleh Puskesmas itu akan di naikan ODP,”katanya. [Adv]



Terpopuler