Data Pasien Positif Corona di Ibukota Banten Bocor; Nama sampai Nomor Rumah Beredar Luas di WhatsApp

Date:

Data Pasien Covid-19 di Provinsi Banten. (Tangkap Layar Web)

Serang- Kepanikan melanda warga Kota Serang, Kamis, 9 April 2020. Menyusul, dua warga di ibukota Banten dinyatakan positif Covid-19.

Ironinya, data pasien positif Covid-19 yang seharusnya terbatas nyatanya beredar luas di WhatsApp group. Hal itu membuat masyarakat sekitar pemukiman panik.

Kepala Dinas Kominfo yang sekaligus Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Kota Serang, Hari Pamungkas menyayangkan adanya kebocoran data pasien positif Corona (COVID-19) kasus pertama di ibukota provinsi Banten, Rabu 8 April 2020 kemarin.

Hari menyebutkan bahwa Komisi Informasi berdasarkan surat edarannya, ada beberapa hal yang perlu disoroti, yaitu nama pasien, alamat detail pasien, serta riwayat medis merupakan bagian dari yang dikecualikan untuk diinformasikan ke masyarakat.

“Itu informasi yang sifatnya terbatas, hanya dilingkungan yang bersangkutan, atau dikecualikan, jadi saya harapkan apabila ada informasi yang menyebutkan nama bukan inisial, kemudian alamat detail sampai nomor rumah dan RT/RW setempat, tolong diiingatkan untuk tidak dishare,” kata Hari, usai mengikuti rapat terbatas, di kantor Diskominfo Kota Serang, Kamis 9 April 2020.

Kemudian, Hari mengatakan, sanksi tegas bagi oknum yang dengan sengaja menyebarkan informasi tersebut sesuai dengan UU 14 Nomor 3, yang menyebutkan informasi pengecualian bersifat ketat dan terbatas.

“Apabila menginformasikan kategori yang dikecualikan disitu ada tuntutan pidana disitu,” katanya.

Akibat kebocoran data pasien positif tersebut membuat heboh warga Kota Serang terutama di daerah pemukiman warga yang terjangkit virus Corona tersebut. Diduga bocornya informasi data pasien positif ke masyarakat melalui pesan group WhatsApp.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...