Connect with us

Berita Terbaru

Anggaran Penanganan Covid-19 di Kabupaten Serang Meningkat Jadi Rp 45 Miliar

Published

on

Ratu Tatu Chasanah memimpin Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Serang. Tatu langsung menggelar rapat koordinasi dengan seluruh stakeholder terkait untuk bergerak bersama mencegah penyebaran wabah virus ini, Selasa, 31 Maret 2020. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – Pemerintah Kabupaten Serang meningkatkan anggaran percepatan penanganan pencegahan virus Corona (Covid-19) menjadi Rp 45 miliar. Semula, berdasarkan hasil refocusing hanya dianggarkan Rp 16,5 miliar.

Menurut Bupati Serang yang sekaligus Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Serang, Ratu Tatu Chasanah, besaran anggaran tersebut masih bisa bertambah sesuai perkembangan kondisi.

Tatu menjelaskan, saat awal dilakukannya refocusing anggaran dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) keluar angka sebesar Rp 15 miliar dan ditambah dengan anggaran tidak terduga penanggulangan bencana Rp 1,5 miliar, didapat total anggaran mencapai Rp 16,5 miliar. Kemudian dilakukan kembali refocusing dan terkumpul menjadi Rp 45 miliar.

BACA :  Alumni SMPN 4 Rangkasbitung Akan Bentuk Koperasi

“Hasil refocusing Kabupaten Serang untuk penanganganan covid-19 bertambah, akan bisa bertambah lagi sesuai situasi dan kondisi yang terjadi dan melihat kebutuhan untuk penanganan covid-19 di Kabupaten Serang,” kata Ratu Tatu, usai menerima kunjungan koordinasi Komisi V DPRD Banten, di Pendopo Bupati Serang, Senin 13 April 2020.

Anggaran tersebut, lanjut Tatu, akan digunakan untuk penanganan covid-19, mulai dari pencegahan, pemenuhan sarana prasarana tenaga medis dan fasilitas kesehatan, hingga program jaring pengaman sosial.

“Kami ingin ada sinergi program dengan pemerintah pusat dan daerah. Termasuk sinergi dengan anggaran dari pemerintah provinsi,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi V DPRD Banten Umar Barmawi mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinkes Kabupaten Serang, BPBD Kabupaten Serang hingga berkunjung ke sejumlah puskesmas. Pertemuan dengan Bupati Serang dalam rangka sinkronisasi program dan anggaran Pemkab Serang dengan Pemprov Banten.

BACA :  Curhat Kades di Banten ke Luhut, Mulai dari Tak Punya Kantor Sampai Prihatin kepada Guru Ngaji

“Kunjungan kali ini, dalam rangka koordinasi, serta sinkronisasi Program Pemkab Serang dan Pemprov Banten. Agar tidak ada tumpang tindih program yang dijalankan. Harus sinkron antara program Pemkab Serang dengan Pemprov Banten,” ujarnya.

Menurut Umar, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten telah mengalokasikan bantuan keuangan sebesar Rp 80 miliar, sesuai arahan gubernur Banten dana tersebut dapat digunakan untuk penanganan Covid-19 serta tindakan preventif penanganan.

“Dana ini pak gubernur sudah memberikan arahan bahwa ada dampak sosial, dampak ekonomi, yang itu harus diperhatikan oleh pemerintah kabupaten. Karena pergeseran anggaran sudah cukup besar, jadi bantuan keuangan itu, bupati mengirim surat kepada gubernur, hanya menggunakan bantuan untuk covid itu Rp 20 miliar,” ungkap Umar.

BACA :  Seorang Pemuda Diamankan, Diduga Curi Yamaha Vixion di Pasar Kemis Tangerang

Hadir pada kesempatan tersebut, sejumlah anggota Komisi V DPRD Banten dari daerah pemilihan Kabupaten Serang. Yakni Heri Handoko, Tati Nurcahyana, Ishak Sidik, dan Umar Barmawi.

Turut mendampingi Bupati Serang, Sekda Tb Entus Mahmud, dan Inspektur Rahmat Jaya, serta perwakilan dari Bappeda dan Dinsos Kabupaten Serang.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Terpopuler