Warga Pandeglang Kepergok Edarkan Upal di Serang; Uang Pecahan Rp50 Ribu dan Rp20 Ribu Disita

Date:

FOTO ILUSTRASI. Jejen, pedagang asongan di Kota Serang ini mengaku ditipu oleh seseorang berinisial DN. Ia menerima uang pecahan Rp50 ribu yang setelah diamati adalah uang palsu. (FOTO: Dian Sucitra/ Banten Hits)

Serang- MD alias Saprol (28) warga Desa Pakuluran, Kecamatan Keroncong, Kabupaten Pandeglang diamankan pihak kepolisian Polsek Petir, Polres Serang, Senin, 19 Mei 2020. Ia diamankan lantaran terlibat peredaran uang palsu alias Upal.

MD diamankan saat akan bertransaksi dengan seorang pembeli. Dari tangan pelaku, petugas berhasil mengamankan uang palsu senilai Rp4,4 juta yang belum sempat disebar.

Kapolres Serang AKBP Mariyono mengatakan pengungkapan kasus peredaran uang palsu itu bermula dari laporan masyarakat bahwa akan ada transaksi uang palsu di daerah Desa Kampung Baru, Kecamatan Petir.

Berbekal dua laporan itu, sambungnya, Tim Unit Reskrim yang dipimpin Bripka Rizal Nusa Bakti langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan penyelidikan.

“Usai lidik kita amankan MD alias Saprol. Dari tersangka kita amankan pecahan Rp 50 ribu sebanyak 60 lembar serta pecahan Rp 20 ribu sebanyak 70 lembar,”kata Mariyono.

Selain Upal, kata Mariyono, anggota juga turut mengamankan seperangkat printer dan kertas HVS yang diduga sebagai alat untuk mencetak uang palsu. Pasalnya,   dalam komputer ditemukan dokumen berbagai gambar pecahan uang kertas, namun hal itu dibantah oleh tersangka.

“Tersangka membantah mencetak upal tapi akan kami kembangkan lagi,”jelasnya.

Terkait barang bukti upal yang diamankan, dikatakan, AKBP Mariyono, tersangka mendapatkan dari seorang warga Kragilan yang identitas sudah diketahui dan masih dalam pencarian. Bahkan, tersangka mengaku upal sebanyak Rp4,4 juta sedianya akan dijual.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...