Connect with us

Berita Utama

Kepastian 1.000 Lebih Masjid dan Musala Buka Lagi di Kabupaten Tangerang Ditentukan Rapat Sabtu Ini

Published

on

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar berdoa saat simulasi pembukaan kembali masjid dan musala di Kabupaten Tangerang setelah ditutup karena pandemi Covid-19. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Tangerang – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menginginkan masjid dan musala yang berjumlah lebih dari 1.000 di Kabupaten Tangerang bersama tempat ibadah lainnya segera buka kembali saat pemberlakuan new normal Senin, 1 Juni 2020.

Zaki memilih mendahulukan buka masjid dibanding sekolah dan pusat belanja supaya masyarakat bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah, dan lebih banyak berdoa memohon perlindungan.

Selain itu, pembukaan tempat ibadah didahulukan karena Zaki ingin masyarakat bisa melaksanakan pola hidup baru dengan beribadah berjamaah, sesuai visi misi Kabupaten Tangerang religius.

BACA :  Warga di Kampung Ini Hampir Semuanya Berprofesi Pengemis,  Wali Kota Serang Perintahkan Ini ke Jajaran

“Dan secara praktik, relatif lebih sederhana di banding dengan sekolah SD dan SMP, apalagi mal dan tempat hiburan lainnya,” kata Zaki.

Ditentukan Hasil Rapat

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Pemkab Tangerang menunggu hasil keputusan rapat koordinasi dengan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Rapat rencananya akan digelar Jumat siang, 29 Mei 2020, namun dijadwal ulang menjadi Sabtu, 30 Mei 2020 karena berbarengan pelaksanaannya dengan rakor bersama Mendagri.

“Belum rapat dengan gubernur. Tadi ada rakor dengan Mendagri dulu. (Rapat) dengan gubernur Banten, dipending mungkin Sabtu (30 Mei 2020),” kata Zaki saat dihubungi BantenHits.com, Jumat sore, 29 Mei 2020.

Sebelumnya, Zaki mengungkapkan, ada sekitar 1.000 masjid dan musala di Kabupaten Tangerang yang kembali dibuka dengan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat yaitu, jamaah wajib menggunakan masker dan jaga jarak saat new normal nanti.

BACA :  Warga di Mauk Tangerang Ikuti Pengobatan Gratis HUT Satrad ke-46

Dikutip BantenHits.com dari laman tangerangkab.go.id, Pemerintah Kabupaten Tangerang menggelar simulasi pembukaan masjid di tengah pandemi dengan standar protokol kesehatan Covid-19 di Masjid Agung Al-Amjad Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Jumat, 29 Mei 2020.

Acara tersebut dihadiri Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar; Wakil Bupati Tangerang, H. Mad Romli; Kapolda Banten, Irjen Pol Fiandar; Danrem 052/Wkr, Brigjend TNI Tri Budi Utomo; Dandim Tigaraksa, Letkol Infanteri Parada Warta Nusantara Tampubolon; Kapolresta Tangerang, Kombes Pol. H. Ade Ary Syam Indradi; Kapolres Metro Tangerang Selatan, Kombes Pol. Iman; Kapolres Metro Tangerang Kombes Pol. Sugeng Heriyanto; Sekda Kabupaten Tangerang Maesyal Rasyid, dan seluruh OPD, MUI dan DMI Kecamatan dan beberapa pejabat lainnya.

BACA :  Puluhan Warga Jambe dan Panongan Jadi Korban Penipuan Rekrutmen PNS

Dalam kesempatan itu, Zaki mengajak seluruh alim ulama, kiai, dan habaib di Kabupaten Tangerang maupun dan kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang untuk sama-sama memulai penggunaan masjid dan musala dengan disiplin tinggi sesuai protokol kesehatan.

“Saya harap acara simulasi ini harus benar-benar dipahami oleh ulama dan para kiai kita agar masyarakat bisa mengikuti para alim ulama kita. Jadi tolong benar-benar masyarakat harus disiplin tinggi untuk menuhi semua aturan protokol kesehatan, dan secapatnya saya akan lapor Gubernur dan saya sih berharap secara bertahap akan mulai dibuka pada 1 Juni ini,” harap Zaki.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-1015 bekerja sebagai produser di Info TV. Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler