16 Kecamatan di Kabupaten Tangerang Sudah Zero Positif Covid-19, Ditetapkan Zona Hijau?

Date:

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar memasangkan pelindung wajah ke Pedagang Pasar Sentiong, Senin, 29 Juni 2020. Zaki gencar sosialisasi soal pentingnya disiplin terhadap protokol kesehatan di pasar tradisional untuk menekan angka positif Covid-19.(Foto: Kominfo Kabupaten Tangerang)

Tangerang – 16 kecamatan di Kabupaten Tangerang berhasil menjadi wilayah dengan zero angka positif Covid-19.

Meski demikian, Ketua Gugus Tugas Covid-19 yang juga Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar belum menetapkan 16 kecamatan tersebut sebagai zona hijau di Kabupaten Tangerang.

“Untuk sementara hanya info saja (16 kecamatan bebas positif Covid-19). Gak bisa penetapan (status hijau) karena kemungkinan penularan masih ada,” kata Zaki saat dihubungi BantenHits.com, Sabtu, 4 Juli 2020.

Keberhasilan 16 kecamatan jadi wilayah zero positif Covid-19 juga dibarengi penurunan grafik angka penularan Covid-19 di Kabupaten Tangerang. Perkembangan positif ini salah satunya disebabkan karena meningkatnya disiplin masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Alhamdulillah (grafik menurun). Makanya disiplin masyarakat yang harus terus dipertahan,” ujar Zaki berharap.

16 kecamatan yang sudah zero positif Covid-19, yakni Panongan, Teluk Naga, Jambe, Kosambi, Sindang Jaya, Kemiri, Mauk, Jayanti, Solear, Kronjo, Mekar Baru, Cisoka, Sukadiri, Sukamulya, Kresek, dan Gunung Kaler.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, dr. Hendra Tarmizi mengamini pernyataan Zaki soal tingkat kedisiplinan warga menerapkan protokol kesehatan.

Menurutnya faktor tersebut menjadi faktor dominan yang mampu menekan laju penyebaran virus Covid-19.

“Utamanya disiplin masyarakat (penyebab penurunan grafik Covid-19 di Kabupaten Tangerang),” kata Hendra.

Terpantau dalam laman resmi informasi Covid-19 di Kabupaten Tangerang, covid19tangerangkab.go.id yang datanya terakhir diupdate, Jumat, 3 Juli 2020, tiga kecamatan menjadi wilayah dengan angka positif Covid-19 tinggi.

Tiga kecamatan tersebut, yakni Pakuhaji dengan tujuh positif Covid-19, kemudian Kelapa Dua dan Pasar Kemis yang jumlah positif Covid-nya sama 6 orang.

Secara keseluruhan, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tangerang ada 276 orang, dengan rincian 215 sembuh dan 14 orang meninggal.

Sementara, Pasien Dalam Pengawasan
(PDP) berjumlah 671, dengan rincian PDP proses pengawasan 77 orang, PDP sembuh 550 orang, dan PDP meninggal dunia 44 orang.

Kemudian Orang Dalam Pemantauan
(ODP) berjumlah 1.106 orang, dengan rincian ODP proses pemantauan 88 orang, ODP sembuh 1.018 orang.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jajaki Koalisi untuk Banten yang Lebih Baik, Dua Perempuan Nakhoda Partai Besar Gelar Pertemuan di Tanggal Cantik

Berita Banten - Penjajakan koalisi untuk menghadapi Pilkada Serentak...

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...