Genjot PAD dari Setor PKB, Samsat Pandeglang Gelar Razia

Date:

Banten Hits – Puluhan kendaraan roda dua dan roda empat yang tengah melintas di ruas Jalan Raya Pertigaan Mengger, Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang, terjaring razia yang digelar Samsat Pandeglang dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pandeglang, Senin (15/2/2016).

Wartawan Banten Hits Saepulloh melaporkan, puluhan kendaraan yang terjaring razia, umumnya memiliki tunggakan pajak. Mereka langsung didata oleh petugas Samsat Pandeglang. 

Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD) UPT Samsat  Pandeglang Saprudin mengatakan, razia itu bertujuan untuk menggenjot target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)  sebesar Rp 106 miliar pada tahun 2016 dari wajib pajak 248 ribu kendaraan.

“Razia ini salah satu upaya dari beberapa kegiatan yang dilakukan samsat Pandeglang  untuk meningkatkan pendapatan  dari sektor pajak kendaraan,” ungkapnya kepada wartawan.

Selain melakukan razia, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi dan program jembut bola ke beberapa wilayah. Di Pandeglang sendiri, kata Saprudin, kesadaran masyarakat untuk membayar pajak kendaraan masih tergolong rendah.

“Kesadaran masyarakat setiap daerah bervariasi. Untuk Pandeglang sendiri belum mencapai belum mencapai seratus persen tingkat kesadarannya, baru sekitar enam puluh persen,” ujarnya.

Sementara, Kanit Tarjawali Satlantas Polres Pandeglang Iptu Margono mengatakan, dari hasil razia yang dilakukan petugas samsat dan kepolisian, ditemukan masih banyak masyarakat yang belum sadar membayar pajak. Selain itu pihaknya juga akan menilang jika pengendara tidak membawa kelengkapan surat-surat kendaraannya.

“Lihat saja masih banyak masyarakat pajaknya belum bayar, artinya masyarakat belum memiliki kesadaran. Ada juga pengendara yang tidak memiliki kelengkapan surat-suratnya, kita lakukan penilangan,” ujarnya.(Rus)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related