Connect with us

Berita Terbaru

Kantor Bahasa Banten: Hari Aksara Momentum untuk Evaluasi dan Tumbuhkan Semangat Keaksaraan

Published

on

Kepala Kantor Bahasa Banten saat foto bersama. (BantenHits.com/Mursyid Arifin)

Serang- Kepala Kantor Bahasa Provinsi Banten, Halimi Hadibrata mengatakan momentum hari aksara merupakan kesempatan terbaik untuk mengevaluasi dan menumbuhkan semangat keaksaraan dan literasi fungsional. Hal tersebut untuk meningkatkan daya dan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, literasi fungsional ialah suatu tipe atau tipe literasi yang mempersiapkan seseorang untuk terlibat dalam semua kegiatan yang tersedia dalam kelompok dan komunitasnya, serta untuk memungkinkannya terus membaca, menulis dan menghitung untuk dirinya sendiri dan pengembangan masyarakat.

“Hari ini harus dimaknai sebagai kesempatan terbaik untuk mengevaluasi dan menumbuhkan semangat keaksaraan, dan literasi fungsional untuk meningkatkan daya hidup dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Halimi saat dihubungi BantenHits.com, Selasa, 8 September 2020.

BACA :  Tangerang Contoh Miniatur Indonesia, Zaki Diminta Paparkan Kunci Menjaga Keragaman di Depan Para Tokoh Nasional

Selain itu, salah satu upaya pemerataan akses pelayanan dalam mendapatkan kebutuhan pendidikan untuk meningkatkan sumber daya manusia di wilayah pelosok Tanah Jawara yakni melalui pembinaan masyarakat.

“Pemerataan akses pelayanan dan pembinaan masyarakat yang berimbang antara masyarakat perkotaan dan perdesaan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat,” kata Halimi.

Untuk mengetahui komparasi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di kawasan Asia Tenggara seperti dilansir dari Katadata.co.id berikut ini :

Berdasarkan peta sebaran IPM Indonesia, terlihat kualitas dan pembangunan manusia Indonesia yang tidak merata. Kualitas manusia yang tinggi ditunjukkan dengan skor IPM diatas 70, dimiliki salah satunya Provinsi Banten.

Editor: Fariz Abdullah



Pria kelahiran Cihara, Kabupaten Lebak ini, dikenal aktif berorganisasi. Sejak sekolah hingga kuliah, jabatan strategis dalam organisasi pernah diembannya. Mursyid dikenal memiliki daya juang dan dedikasi tinggi dalam pekerjaannya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler