Kantor Bahasa Banten: Hari Aksara Momentum untuk Evaluasi dan Tumbuhkan Semangat Keaksaraan

Date:

Kepala Kantor Bahasa Banten saat foto bersama. (BantenHits.com/Mursyid Arifin)

Serang- Kepala Kantor Bahasa Provinsi Banten, Halimi Hadibrata mengatakan momentum hari aksara merupakan kesempatan terbaik untuk mengevaluasi dan menumbuhkan semangat keaksaraan dan literasi fungsional. Hal tersebut untuk meningkatkan daya dan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, literasi fungsional ialah suatu tipe atau tipe literasi yang mempersiapkan seseorang untuk terlibat dalam semua kegiatan yang tersedia dalam kelompok dan komunitasnya, serta untuk memungkinkannya terus membaca, menulis dan menghitung untuk dirinya sendiri dan pengembangan masyarakat.

“Hari ini harus dimaknai sebagai kesempatan terbaik untuk mengevaluasi dan menumbuhkan semangat keaksaraan, dan literasi fungsional untuk meningkatkan daya hidup dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Halimi saat dihubungi BantenHits.com, Selasa, 8 September 2020.

Selain itu, salah satu upaya pemerataan akses pelayanan dalam mendapatkan kebutuhan pendidikan untuk meningkatkan sumber daya manusia di wilayah pelosok Tanah Jawara yakni melalui pembinaan masyarakat.

“Pemerataan akses pelayanan dan pembinaan masyarakat yang berimbang antara masyarakat perkotaan dan perdesaan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat,” kata Halimi.

Untuk mengetahui komparasi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di kawasan Asia Tenggara seperti dilansir dari Katadata.co.id berikut ini :

Berdasarkan peta sebaran IPM Indonesia, terlihat kualitas dan pembangunan manusia Indonesia yang tidak merata. Kualitas manusia yang tinggi ditunjukkan dengan skor IPM diatas 70, dimiliki salah satunya Provinsi Banten.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jajaki Koalisi untuk Banten yang Lebih Baik, Dua Perempuan Nakhoda Partai Besar Gelar Pertemuan di Tanggal Cantik

Berita Banten - Penjajakan koalisi untuk menghadapi Pilkada Serentak...

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...