Connect with us

Berita Terbaru

Pemeriksaan Dini Covid-19 Kini Bisa Dilakukan di 23 Siloam Clinic

Published

on

Siloam Clinic. (Istimewa)

Tangerang – PT Siloam International Hospitals, Tbk melalui layanan kesehatan Siloam Clinic, saat ini sudah bersiap membantu pemerintah untuk memerangi pandemi Covid-19. Salah satunya, dengan membuka layanan pemeriksaan dini seperti rapid hingga swab test.

Head of operation PT. Siloam Medika Cemerlang drg. Fenderia L mengatakan, layanan rapid dan swab test sudah tersedia di 23 Siloam Clinic yang terintegrasi

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan pelayanan kepada masyarakat di berbagai perusahan. Salah satunya, klinik di Ruko Fifth Avenue Blok A No. 36 Pakulonan Barat, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

“Siloam Clinic sebagai faskes tingkat 1 untuk layanan kesehatan berkewajiban memberikan pelayanan promotif, preventif, curative dan rehabilitative. Tentu, kami berkomitmen membantu pemerintah saat pandemi ini,” katanya, Rabu 11 November 2020.

Ia mengatakan, di masa pandemi, setiap warga diingatkan untuk selalu menjalankan protokol kesehatan. Siloam Clinic pun menjembatani masyarakat guna memberikan kemudahan dalam pelayanan rapid test dan PCR test.

BACA :  Wanita Paru Baya di Cilegon Ditemukan Tewas Mengenaskan, Diduga Korban Tabrak KA Rangkasbitung-Merak

Rapid dan PCR test pun kini dapat dilakukan di Siloam Clinic secara drive through. Pihaknya juga melayani pemeriksaan dini Covid-19 tersebut dengan mengunjungi ke sejumlah tempat atau on-site sesuai permintaan perusahaan maupun komunitas secara mandiri.

“Siloam Clinic memberlakukan protokol ketat melalui screening, penyediaan ruangan khusus untuk pasien infeksi dan rutin melakukan desinfectan di seluruh ruangan usai pemeriksaan setiap pasien. Seluruh tenaga medis di kilinik Siloam menggunakan Alat Pelindung Diri sesuai pelayanan dan melakukan rapid test secara rutin, sehingga masyarakat tetap aman dan nyaman berkunjung ke Siloam Clinic”, ujarnya.

Bukan hanya layanan pemeriksaan dini, Siloam Clinic juga bisa menjadi rujukan untuk pasien yang memerlukan perawatan akibat terpapar Covid-19. Sebab, kata Fenderia, Siloam merupakan faskes tingkat 1  yang sudah terintegrasi dengan layanan BPJS.

“Saat ini jam operasional Siloam Clinic disesuaikan kebutuhan masing-masing daerah. Apabila pasien dalam  keadaan emergency, pasien dapat langsung ke Rumah Sakit terdekat,” tuturnya.

BACA :  "Orang Tua Meninggal, Sudah Video Call Tetap Saja Tidak Boleh Pulang Kampung"

“Siloam Clinic sebagai partner pemerintah selalu berkomitment memberikan layanan kesehatan yang terbaik dalam keadaan normal atau pandemic. Masyarakat tidak perlu ragu atau takut untuk mempercayakan pelayanan kesehatan ke Siloam Clinic,” ucapnya menambahkan.

Senada, Kepala BPJS kesehatan Kabupaten Tangerang Nunki Malahayati juga mengatakan masyarakat pemegang kartu BPJS dapat dirujuk ke sejumlah rumah sakit secara berjenjang termasuk Siloam Hospital dengan fasilitas alat kesehatan yang lebih lengkap atau rumah sakit lainnya yang menyediakan layanan BPJS kesehatan sesuai wilayah. 

Dimasa Pandemi Covid-19, Siloam Clinic, kata dia, turut berkomitmen melaksanakan protokol kesehatan. Komitmen tersebut terintegrasi melalui layanan online JKN Mobile yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan sebagai program nasional. 

“Dimasa pandemi, ada tambahan fitur yaitu Fitur Mobile JKN dan Fitur antrian online didalam aplikasi JKN Mobile. Pengembangan fitur tersebut sebagai inovasi guna mencegah adanya titik kerumunan disatu tempat dan memudahkan komunikasi diantara dokter pun pasien. Termasuk memudahkan layanan kesehatan Tingkat pertama, yaitu klinik kesehatan termasuk Siloam Clinic,” katanya.

BACA :  Jalan Raya Cisoka Alternatif Menuju Lebak Macet

Hingga saat ini terdapat 23 Siloam Clinic yang melayani Pasien BPJS. 23 klinik tersebut tersebar di  sejumlah wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Pemilihan lokasi di kota-kota tersebut disesuaikan memenuhi kebutuhan jumlah fasilitas kesehatan tingkat 1 di daerah tersebut.

Selain memiliki 23 unit Klinik guna pelayanan peserta BPJS, manajemen Siloam Clinic turut membuka 27 klinik yang ditempatkan di sejumlah perusahaan multinasional. Penempatan secara Layanan klinik ini guna memudahkan para profesional di perusahaan untuk melakukan deteksi dini kesehatan dan layanan kesehatan lainnya.  Siloam Clinic sebagai faskes tingkat 1 juga melayani pasien asuransi dan umum.

Editor: Fariz Abdullah



Rifat Alhamidi memulai karir sebagai jurnalis pada sejumlah media massa di Banten. Di masa kuliahnya, pria kelahiran Pandeglang ini dikenal sebagai aktivis mahasiswa. Dia memiliki ketertarikan pada dunia sosial dan politik.

Terpopuler