Connect with us

Advertorial

Satgas Penanganan Covid-19: Vaksin Menstimulasi Imunitas Tubuh

Published

on

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. (Foto: Marji – Medcom/covid19.go.id)

Jakarta – Satgas Penanganan Covid-19 kembali mengedukasi masyarakat terkait perkembangan vaksin Covid-19 yang sedang tahap uji klinis fase 3.

Satgas Penanganan Covid-19 meyakinkan bahwa vaksin Covid-19 akan aman digunakan manusia. Karena vaksin adalah virus yang dilemahkan dan pada prinsipnya vaksin tidak berbahaya.

Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan vaksin yang masuk ke tubuh manusia akan menstimulasi imunitas tubuh. Vaksin Covid-19 tidak saja akan melindungi diri sendiri, juga orang lain yang tidak mendapatkan vaksinasi karena alasan tertentu, termasuk alasan kesehatan. 

“Pemerintah memastikan vaksin Covid-19 aman untuk digunakan manusia, karena harus melalui tahapan uji praklinis dan klinis untuk memastikan keamanan, efektifitas dan dosis yang aman untuk digunakan manusia. Risiko yang ditimbulkan vaksin sangat rendah dan manfaat jauh lebih tinggi,” jelasnya menjawab pertanyaan media dalam konferensi pers virtual, Selasa, 10 November 2020.

BACA :  Amuk Massa Pecah di Teluk Naga Tangerang, Dump Truck Kosong Lindas Kaki Bocah Yatim Piatu sampai Remuk

Masih menjawab pertanyaan media terkait vaksin, Satgas Penaganan Covid-19 menegaskan bahwa pembangunan laboratorium milik TNI di Pulau Galang, saat ini masih dalam tahap perencanaan.

“Laboratorium yang akan dibangun ditujukan untuk penelitian virus yang akan dikembangkan menjadi vaksin,” jawab Wiku.

Tak lupa di akhir konferensi pers, Wiku kembali mengingatkan masyarakat untuk bekerja memerangi pandemi Covid-19. Jangan lupa menerapkan protokol kesehatan dalam keseharian, dan terapkan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Agar Indonesia segera terbebas dari pandemi Covid-19. (Advertorial)



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler