Kab. Serang Lagi-lagi Masuk Zona Merah COVID-19; Dinkes Nilai Masih Banyak Masyarakat Bandel

Date:

Peta Sebaran COVID-19 di Provinsi Banten per-Tanggal 12 Januari 2021, Kabupaten Serang Kembali Zona Merah COVID-19 (Istimewa)

Serang – Dinas Kesehatan Provinsi Banten kembali menetapkan Kabupaten Serang menjadi status zona merah COVID-19. Hal ini karena, sebaran COVID-19 di daerah tersebut kembali tidak terkendali pasca libur natal dan tahun baru (Nataru) 2020.

Dari data peta sebaran COVID-19 per tanggal 12 Januari 2021, jumlah kasus konfirmasi (KK) COVID-19 di Kabupaten Serang mencapai 1.751 orang, dengan rincian meningal dunia 51 orang, masih dirawat 359 orang dan sembuh 1.341 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Serang, dr Agus Sukamayadi menyebut, ada tiga faktor penyebab Kabupaten Serang kembali masuk zona merah.

Pertama, kenaikan kasus hasil pelacakan yang diantaranya warga Kabupaten Serang saat libur melakukan perjalanan ke luar daerah atau disebabkan terjadi penularan dalam satu kelompok maupun keluarga.

Kedua, terjadinya penurunan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan (Prokes) terutama pada saat melakukan aktivitas kemasyarakatan di tempat-tempat umum.

Ketiga, kapasitas pelayanan kesehatan terutama di rumah sakit (RS) rujukan yang terbatas, sedangkan pasien yang memerlukan perawatan meningkat.

“Mereka ini pada bandel. Mulai dari berkerumun, hingga bepergian keluar kota. 3 M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) kurang diterapkan,” kata Agus saat dihubungi via WhatsApp, Selasa, 12 Januari 2021.

Tak hanya itu, Agus juga mengakui, kesiapan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang belum memadai untuk menampung pasien COVID-19.

“Kita juga belum tersedianya rumah singgah COVID-19,” tandasnya.

Diketahui, selain Kabupaten Serang, tiga daerah di Banten yaitu Kota Cilegon, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan juga masuk zona merah peta sebaran COVID-19.

Editor : Engkos Kosasih

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...