DLH Kewalahan, Selama Pandemi COVID-19 Kota Serang Hasilkan 800 Ton Sampah Per Hari

Date:

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang, Ipyanto saat Memberikan Keterangan Pers (BantemHits/Mahyadi)

Serang – Pandemi COVID-19 yang belum usai, menimbulkan persoalan baru di Kota Serang. Bagaimana tidak, Ibu Kota Provinsi Banten itu dibanjiri ratusan ton sampah setiap hari nya selama pandemi COVID-19.

Ditambah armada pengangkut dan sumber daya manusia (SDM) untuk menangani sampah terbatas, membuat Pemerintah Kota Serang kewalahan menangani sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang, Ipyanto mengatakan, selama pandemi COVID-19, sampah di Kota Serang mencapai 800 ton setiap hari. Sementara armada yang dimiliki DLH hanya 35, itu dirasa kurang ideal.

“Termasuk yang 6 kendaraan yang baru, petugas kebersihan juga di lapangan hanya 350 orang, kalau kita ambil contoh daerah lain terus terang saja menurut saya tidak adil, karena mereka di gajih bawah UMR dan gajinya di potong BPJS dan Jamsostek,” katanya, Minggu 31 Januari 2021.

Kondisi ini juga diperparah dengan pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cilowong, Kecamatan Taktakan yang tidak optimal. Ditambah TPSA itu juga digunakan oleh Pemkab Serang dalam membuang sampah.

Meski demikian, Pemkot Serang suka tidak suka, mau tidak mau menerima hal tersebut, mengingat sejak awal dibangun pada 5 April 1995 TPSA tersebut berada di wilayah Kabupaten Serang.

“(Namun) pada tahun 2008 itu diserahkan dari Kabupaten ke kami (Kota Serang), sekarang ketebalan sampah di TPSA Cilowong sudah mencapai 15 meter,” pungkasnya.

Editor : Engkos Kosasih

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...