Sepekan Jelang Lebaran, Rp7 Miliar Uang Pecahan di Lebak Ludes Diburu Warga

Date:

Pimpinan Cabang BRI Rangkasbitung, Riki Rinda Sakti. (Istimewa)

Lebak- Tradisi pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri membuat warga saling berburu uang pecahan. Termasuk di Kabupaten Lebak.

Tercatat, sepekan jelang Idul Fitri uang pecahan kecil yang disiapkan BRI Rangkasbitung sebesar Rp7 miliar telah habis diburu masyarakat. Mulai dari pecahan Rp2 ribu hingga Rp 100 ribu.

“Telat tukarnya sudah kehabisan uang pecahannya di bank. Gak banyak sih tukarnya hanya Rp5 juta,” kata Deden warga Rangkasbitung yang menukar uang pecahan ke BRI Rangkasbitung, Jumat, 7 Mei 2021.

Kata dia, setiap momen lebaran Idul Fitri ia biasanya membagikan uang pecahan baru kepada sanak saudaranya.

“Kan tak perlu besar yang penting uangnya baru. Harus nyari kemana lagi. Karena informasinya uang pecahan di sejumlah bank juga sudah habis,” katanya.

Sementara itu Pimpipnan Cabang (Pinca) BRI Rangkasbitung, Riki Rinda Sakti mengatakan, memasuki sepakan lebaran jumlah nasabah maupun warga yang melakukan penukaran uang pecahan cukup tinggi. Akibatnya,uang pecahan sebesar Rp7 miliar yang disiapkan pihaknya sudah habis.

“Sudah habis untuk uang penukaraan per hari Kamis (6/5). Di unit-unit BRI juga sepertinya sudah habis juga, karena ada beberapa unit sudah minta dropan baru, tapi tidak bisa dipenuhi karena jatah juga habis,” kata Riki.

Dia tak mengira uang penukaran Rp7 miliar yang disiapkan pihaknya akan cepat habis diburu masyarakat mengingat saat ini tengah pandemi covid-19 ditambah adanya larangan mudik oleh pemerintah.

“Saat ini kita sedang menghadapi wabah pandemi Covid-19. Tapi ternyata uang pecahan recehan tetap diburu. Memang kalau dibandingkan sebelum pandemi covid-19 turun. Karena penukaran uang pecahan menurut informasi bisa mencapai Rp15 miliar,” ujarnya.

Dia mengatakan, uang pecahan itu terdiri dari lembaran Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu dan Rp2 ribu. Rinciannya, Rp100 ribu sebanyak Rp1 Miliar, Rp50 ribu sebanyak Rp500 juta, Rp20 ribu sebanyak Rp 1,2 Miliar, Rp10 ribu sebanyak Rp2,5 Miliar, Rp5 ribu sebanyak Rp1,5 Miliar dan Rp2 ribu sebanyak Rp300 juta.

“Penukaran uang di BRI Cabang Rangkasbitung tidak hanya diperuntukkan bagi nasabah saja. Tapi, semua warga bisa menukar uang kecil di BRI,” katanya.

“Paling cepat habis itu uang pecahan Rp 5 ribu dan uang Rp 10 ribu,” tambahnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...