Para Pedagang di Cikoromoy Pandeglang Terlilit Utang Rp 5 Juta Gegara Destinasi Wisata Ditutup

Date:

Pengunjung saat Berenang di Objek Wisata Pemandian Cikoromoy, Kecamatan Cimanuk. Para Pedagang di Cikoromoy Terlilit Utang Gegara Objek Wisata Ditutup Gubernur Banten (Foto. instagram/explorepandeglang)

Pandeglang – Sejumlah pedagang di objek wisata pemandian Cikoromoy, Kecamatan Cimanuk menjerit gegara destinasi wisata ditutup Gubernur Banten. Hal ini karena para pedagang terlilit utang.

Penutupan destinasi di Tanah Jawara ini tertuang dalam Intruksi Gubernur Banten nomor 556/901-Dispar/2021 tentang penutupan sementara destinasi wisata dampak libur Hari Raya Idul Fitri tahun 2021.

Penutupan ini diberlakukan dari tanggal 15 sampai 30 Mei 2021. Alasan Gubernur menutup destinasi wisata untuk mencegah klaster baru penyebaran COVID-19.

Seorang pedagang di Cikoromoy, Sumarnah menceritakan, menjelang libur Lebaran dia dan pedagang lain meminjam modal usaha agar bisa berjualan di wisata Cikoromoy.

Oleh karena itu, Sumarnah meminta agar  Gubernur Banten kembali membuka objek wisata, agar utang modal usaha sebesar Rp 5 juta bisa terbayar.

“Ya, kalau tidak jualan bagaimana kami bisa membayar utang modal. Karena sebelumnya kami pinjam modal usaha dulu. Rata-rata para pedagang punya utang Rp 5 juta,” ungkap Sumarnah, Minggu 16 Mei 2021.

Para pedagang dan pengelola wisata Cikoromoy melakukan unjuk rasa agar Gubernur Banten membatalkan intruksi penutupan tersebut. Karena jika terus ditutup, para pedagang kebingungan mencari dana untuk membayar utang.

“Saya cuma dagang kecil-kecilan doang, Makanya warga di sini demo karena secara ekonomi kami ikut terdampak. Semua ikut demo, saya juga ikut supaya pemerintah tidak menutup wisata ini,” tutupnya.

Editor : Engkos Kosasih

Author

  • Samsul Fatoni

    Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jajaki Koalisi untuk Banten yang Lebih Baik, Dua Perempuan Nakhoda Partai Besar Gelar Pertemuan di Tanggal Cantik

Berita Banten - Penjajakan koalisi untuk menghadapi Pilkada Serentak...

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...