Disnakertrans Catat Ribuan Warga Pandeglang Cari Pekerjaan ke Tangerang dan Jakarta saat Pandemi COVID-19

Date:

Para Pencari Kerja saat Mengurus Surat Kuning di Disnakertrans Pandeglang. (BantenHits/Samsul Fatoni)

Pandeglang – Pemohon kartu pencari kerja (Pencaker) atau disebut kartu kuning di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pandeglang, pasca Idul Fitri 2021 ini alami peningkatan.

Dari catatan Disnakertrans ada 1800 warga Pandeglang yang sibuk mencari pekerjaan di masa pandemi COVID-19 atau dari Januari sampai pasca lebaran 2021.

“Sampai dengan hari ini, banyak sekali yang membuat kartu pencari kerja yakni ada sekitar 1800 an orang yang mau melamar kerja, yang tercatat dari dua lokasi pelayanan yakni di Mal Pelayanan Publik (MPP) dan Kantor Disnakertrans,” kata Kasi Penempatan Tenaga Kerja pada Disnakertrans Pandeglang, Heni Iryaningsih, Kamis 3 Juni 2021.

Menurutnya, sebagian besar dari pemohon, hendak mencari pekerjaan ke luar daerah, seperti Tangerang, Jakarta, dan daerah luar lainnya. Untuk bisa mendapatkan Kartu pencaker, pemohon harus mengisi formulir yang sudah disediakan oleh Disnaker Pandeglang.

“Kami sudah sediakan formulir pembuatan kartu tenaga kerja , jadi masyarakat harus mengisi terlebih dahulu. Persyaratan juga harus dibawa, seperti e-KTP, pas foto terbaru dan ijazah, kalau yang baru lulus biasanya belum ada ijazah, jadi mereka bisa menggunakan surat tanda kelulusan,” katanya.

Dia berharap, dengan banyaknya warga Pandeglang yang mencari kerja di luar wilayah, diharapkan mampu merubah pendapatan dan tingkat kehidupan warga.

“Kita berharap setelah mereka mendapatkan pekerjaan, dan nantinya mempunyai modal dan keahlian, bisa diterapkan di kampungnya sendiri. Artinya, mereka bisa berusaha secara mandiri dengan bekal dan modal yang telah didapatnya selama meraka bekerja di luar daerah,” pungkasnya.

Editor : Engkos Kosasih

Author

  • Samsul Fatoni

    Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...