Kondisi Pemuda Disabilitas Mental yang Alami Tubuh Melepuh Gegara Dicekoki Miras Membaik

Date:

Kasi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang, Samsudin saat Mengunjuni Pemuda Disabilitas Mental di RSU Berkah Pandeglang. (BantenHits/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Kondisi Zaenal Abidin (27) pemyandang disabilitas mental yang dicekoki minuman keras (Miras) hingga tubuhnya melepuh sudah membaik. Bahkan Zaenal, dipulangkan dari RSU Berkah Pandeglang, Sabtu 19 Juni 2021.

“Alhamdulillah sudah membaik dan bisa pulang, dijemput oleh pihak Puskesmas Cimanuk,” kata Kasi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang, Samsudin.

Samsudin sempat mengunjungi Zaenal di RSU Berkah Pandeglang, untuk memastikan kondisi pemuda itu. Samdudin mengakui, bahwa Zaenal merupakan pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang ditangani Dinkes selama setahun terakhir.

“Pertama kali kami temukan Zaenal dalam kondisi dipasung oleh keluarganya, karena sering menyakiti diri sendiri dan orang lain,” ujarnya.

Setelah menjalani perawatan, Zaenal akhirnya bebas pasung dan sembuh terkontrol. Sembuh terkontrol ini, Zaenal harus tetap minum obat seumur hidupnya. Seban, jika tidak minum obat, dikhawatirkan kambuh lagi.

“Zaenal sudah kooperatif, sudah bisa bergaul dengan masyarakat. Cuma memang harus tetap minum obat,” jelasnya.

Menurut Samsudin, sebelum Zaenal mengalami tubuh melepuh, dia sempat meminum obat tersebut. Lalu dapat beberapa jam, Zaenal ada yang mencekoki obat sehingga mengalami kelainan kulit seperti terbakar.

“Jadi jam 18.00 WIB atau setelah Magrib, Zaenal ini minum obat. Lalu malamnya sekitar pukul 22.00 WIB dia keluar rumah, kemudian ada yang mencekoki Miras,” tandasnya.

Kepada wartawan Bantenhits.com, Engkos Kosasih, Zaenal mengaku meminum dua gelas Miras yang diberikan orang tidak dikenal. Awal meminum Miras, Zaenal mengalami perut panas lalu diikuti oleh sekujur tubuh yang memanas.

“Benaran itu alkohol panas di sini (Perut) terus tubuh ikut panas, kemudian abdi (Saya) pulang  ke rumah jam 00.00 WIB,” tuturnya.

Editor : Darussalam Jagad Syahdana

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...