Ditemui Pentolan 32 Organisasi Koalisi Masyarakat Sipil Banten, Anak Buah Prabowo Singgung Motor Pergerakan di Banten

Date:

Ketua DPRD Banten Andra Soni saat menyambut kedatangan puluhan pentolan organisasi kemasyarakatan yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil Banten (KMSB) di ruang serba guna DPRD Banten, Selasa, 4 Januari 2022.(Istimewa)

Serang – Kesadaran masyarakat sipil untuk terus berpartisipasi aktif dalam pembangunan di Banten telah tumbuh dan semakin besar. Para kelompok kritis masyarakat sipil diharapkan mampu menjadi motor penggerak utama partisipasi warga.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Banten Andra Soni saat menyambut kedatangan puluhan pentolan organisasi kemasyarakatan yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil Banten (KMSB) di ruang serba guna DPRD Banten, Selasa, 4 Januari 2022.

“Saya merasa optimis senang atas kehadiran KMSB. Kedepan harus ada action plan konkrit yang dikerjasamakan, khususnya dengan DPRD. Apalagi tadi saya perhatikan dalam diskusi, sangat mencerahkan. Peran serta masyarakat sipil secara aktif begini yang kami butuhkan,” ungkap Andra.

“Semoga KMSB menjadi penggerak utama untuk meningkatkan partisipasi aktif masyarakat. Karenanya kami membuka ruang untuk berkolaborasi dengan KMSB, ” imbuh politisi Partai Gerindra ini.

Aktivis Anti-korupsi Jadi Koordinator

Kedatangan KMSB dipimpin oleh Uday Suhada yang didaulat menjadi Koordinator Presidium KMSB. Dalam pertemuan itu juga dihadiri oleh Sekwan Deden Apriandi, Karo Pengadaan Barang dan Jasa, Soerjo Soebandono alias Doni.

Saat memperkenalkan keberadaan KMSB, Uday Suhada yang juga direktur eksekutif Aliansi Independen Peduli Publik (ALIPP) ini menyebutkan bahwa dasar kelahiran KMSB pada 23 Agustus 2021 lalu karena kesadaran bersama pentingnya menggabungkan diri agar kehadirannya lebih bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Banten.

“Sudah 32 komponen organisasi yang bergabung dengan KMSB. Karenanya kami awali silaturahmi dengan Ketua DPRD, sekalian sosialisasi Perpres no 16 tahun 2018, yang mengatur ruang gerak masyarakat sipil untuk turut serta mengelola keuangan negara dalam hal tertentu,” kata Uday.

Karenanya, menurut Uday, moment itu sekaligus dimanfaatkan dengan diskusi yang menghadirkan pembicara dari Konsil LSM, Misran Lubis dan dari USAID Madani Ufi Ulfah.

“Kami menyadari sepenuhnya bahwa peningkatan kapasitas diri di Koalisi menjadi penting. Karena bidang garapan KMSB adalah mengadvokasi Kebijakan Publik dan sekaligus mengadvokasi masyarakat sipil,” terang Uday.

Dalam pantauan, anggota koalisi yang hadir dari ‘Aisyiyah, Fatayat NU, Pattiro Serang, Pattiro Banten, PW Muhammadiyah, Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Banten, PWKS, Simpul Madani Serang, Rumah Perempuan dan Anak Banten serta Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Banten.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...