Connect with us

Berita Terbaru

bank bjb Siap Tingkatkan Sinergitas dan Kolaborasi Bersama Pemerintah Daerah Provinsi Banten

Published

on

Kantor pusat bank bjb. Foto: dok. bank bjb.

Banten – Memasuki tahun 2022, bank bjb kembali dipercaya oleh Pemerintah Daerah sebagai Bank Persepsi untuk mengelola Keuangan Daerah (RKUD) di tujuh Kota/Kabupaten di Provinsi Banten, yakni Kota Serang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

Atas kepercayaan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah tersebut, bank bjb berkomitmen untuk terus mendukung dan meningkatkan layanan kepada Pemerintah Daerah dengan fokus utama di tahun 2022 ini adalah Digitalisasi Daerah.

Hal ini tentunya sejalan dengan peran dan tanggungjawab bank bjb yang telah dikukuhkan dalam SK Kepala Daerah sebagai Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) se-Provinsi Banten, dimana bank bjb siap untuk mendukung dan meningkatkan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD), baik dari sisi belanja/pengeluaran Pemerintah Daerah maupun Optimalisasi Pendapatan Daerah dengan membawa konsep Go Smart City dalam mewujudkan Pemerintah Daerah Berbasis Digital.

Konsep Go Smart City ini terdari dari 6 (enam) pilar utama, yaitu Go Government, Go Branding, Go Economy, Go Society, Go Living, dan Go Environment.

BACA :  Sok Jago Konvoi Sambil Seret Senjata Tajam di Atas Aspal, Gengster di Cilegon Tak Berkutik saat Dicokok Anggota Polsek Ciwandan

Salah satu bukti nyata komitmen bank bjb dalam membantu elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah adalah dengan memperluas kerjasama layanan E-Tax dan juga E-Retribusi untuk penerimaan Pajak dan Retribusi Daerah, dimana masyarakat Banten dapat melakukan pembayaran pajak melalui seluruh Jaringan Kantor dan Jaringan Elektronik (e-channel) bank bjb yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia, jaringan ATM dan EDC, Mobile Banking BJB DIGI, Dompet Digital Digi Cash, Uang Elektronik/e-wallet berbasis QRIS, e-commerce serta modern channel seperti Alfamart dan Indomaret.

Sehingga dengan demikian bank bjb dapat membantu Optimalisasi Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan cepat, efektif, dan juga efisien.

Selain itu untuk mendukung transaksi keuangan Pemerintah Daerah, bank bjb telah memberikan fasilitas layanan SP2D Online, Internet Banking Corporate (IBC), dan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) Online.

Adapun untuk meningkatkan inklusi keuangan kepada masyarakat melalui Digitalisasi Layanan Perbankan, bank bjb hadir melalui layanan Agen bjb BiSA LAKU PANDAI dan Payment Point Online Bank (PPOB) yang dapat menjangkau masyarakat sampai ke pedesaan.

BACA :  Kepergok 'Masuk-masuk' ke Pondok Pesantren di Lebak, Ternyata Ini yang Dilakukan AKBP Ade Mulyana

Di tahun 2021 bank bjb kembali melakukan Perjanjian Kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Banten perihal Layanan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor melalui Aplikasi SAMBAT (Samsat Banten Hebat) dan SIGNAL (Samsat Digital Nasional) serta Kerjasama Pengelolaan Retribusi Daerah melalui aplikasi SIREDA (Sistem Retribusi Daerah).

Begitu pula bersama Pemerintah Kabupaten Pandeglang bank bjb telah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Perihal Jasa & Layanan Perbankan serta Perjanjian Kerjasama Layanan Penerimaan Pajak Daerah Pemerintah Kabupaten Pandeglang.

bank bjb selalu hadir untuk membantu Pemerintah Daerah mulai dari penyaluran gaji ASN, pemberian benefit employee ASN, hingga pengelolaan Layanan Keuangan dan Pendapatan Daerah dengan Pemerintah Daerah Provinsi Banten dan 8 Kota / Kabupaten yang ada di Provinsi Banten.

Di samping itu, bank bjb senantiasa membantu Pemerintah Provinsi Banten dalam hal Penyaluran Bantuan Sosial Jamsosratu, sebagaimana telah dituangkan dalam Perjanjian Kerjasama yang ditandatangani oleh CEO Regional IV bank bjb bersama Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Sosial Pemprov Banten untuk penyaluran Bantuan Sosial Jamsosratu kepada 31.115 penerima dari total 50.000 penerima bantuan atau lebih dari 60% penyaluran bantuan.

BACA :  Gaes, Beli Kerajinan di Baduy Bisa Bayar Pakai QRIS

bank bjb merupakan satu-satunya Bank milik masyarakat Banten dan Jawa Barat, sejak awal didirikan sampai dengan saat ini terus tumbuh dan berhasil mencetak perolehan laba yang terus meningkat setiap tahun, memberikan dividen serta dana CSR (Corporate Social Responsibility) kepada Pemerintah Daerah selaku pemegang saham bank bjb, serta oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dinyatakan sebagai “Bank Sehat”.

Bank bjb bahkan berkomitmen untuk selalu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Banten secara luas. Atas dasar itulah, bank bjb memiliki kapasitas untuk tetap menjadi mitra bisnis strategis Pemerintah Kota dan Kabupaten di Provinsi Banten.

bank bjb telah memiliki infrastruktur dan produk yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan transaksi Pemerintah Daerah, didukung dengan kinerja yang baik, infrastruktur produk yang sudah in place, kerjasama yang dilakukan pun memberikan value bagi kedua belah pihak, baik bank bjb maupun Pemerintah Daerah***



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler