Connect with us

Berita Terbaru

Harga Eceran Jadi Rp11 Ribu; Peredaran Minyak Goreng di Rangkasbitung Mendadak ‘Lenyap’

Published

on

FOTO ILUSTRASI. Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopumindag) Kabupaten Serang menggelar operasi pasar minyak goreng. (Istimewa)

Lebak- Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng di pasaran ditetapkan pemerintah sebesar Rp 11.500 perliter. Harga tersebut berlaku untuk minyak goreng curah.

Sedangkan, untuk minyak goreng kemasan sederhana sebesar Rp13.500 dan kemasan premium sebesar Rp14.000. Kebijakan itu berlaku sejak 1 Februari 2022 kemarin.

Tentu saja, kebijakan tersebut disambut gembira masyarakat lantaran harga sebelumnya mencapai Rp20 ribu per liter.

Alih-alih mendapatkan harga murah, masyarakat di Pasar Rangkasbitung dipusingkan dengan keberadaan minyak goreng yang mendadak ‘lenyap’ di Pasar Tradisional itu.

Berdasarkan pantauan di Pasar Rangkasbitung, stok minyak goreng di beberapa toko telah kosong. Tidak ada toko yang menjual minyak baik dalam kemasan curah maupun kemasan premium di pasar.

BACA :  Musim Libur, Penikmat Baso 'Ceu Bai' Malingping Meningkat Drastis

“Kosong, ga ada stocknya. Udah dua hari ini,” kata Udin salah satu pedagang di Pasar Rangkasbitung, Rabu, 2 Februari 2022.

Udin mengaku sendiri sudah memesan minyak goreng dari para agen jauh hari sebelumnya. Namun hingga kini pesanannya belum juga datang.

Soal ketentuan HET minyak goreng yang ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan, Udin mengaku bisa saja untuk menjual minyak seharga Rp11.500 sesuai ketentuan itu.

“Bisa saja kita jual di harga itu, asalkan barangnya ada,” ujarnya.

“Itu stok lama, sekarang belum dateng lagi pesanannya. Saya jual Rp5 ribu buat kemasan 250 ML,”timpal Boni pedagang lainnya.

Dirinya berharap kebijakan HET itu dapat diterapkan dengan adanya suplay stok komoditas minyak goreng.

BACA :  Pemkab Lebak Siapkan Tenda Jajanan Ramadan

“Ini harganya sudah ada, tapi barangnya ga ada. Kita maunya harga ada, barang ada,” pungkasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler