Warga Setempat Akan Diprioritaskan, RSU Labuan Pandeglang Bakal Menyerap 400 Tenaga Kesehatan

Date:

Kepala Dinkes Banten, Ati Pramudji Hastuti menyatakan, RSU Labuan bakal menyerap 400 tenaga kesehatan jika sudah beroperasi. Ati berjanji akan memprioritaskan warga setempat untuk bekerja. (BantenHits.com/ Samsul Fatoni)

Pandeglang – Rumah Sakit Umum (RSU) Labuan, Pandeglang, saat ini tengah dilakukan pembangunan lagi oleh Dinas Kesehatan atau Dinkes Banten.

Setelah selesai dibangun nanti, RSU Labuan tersebut bakal membutuhkan sebanyak 400 tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga pendukungnya.

Kepala Dinas Kesehatan Banten, Ati Pramudji Hastuti mengungkapkan, RSU Labuan Pandeglang yang saat ini tengah dibangun, akan membutuhkan sebanyak 409 tenaga kesehatan dan tenaga pendukung lainnya.

Kata dia, untuk perekrutan pegawainya nanti akan diprioritaskan dulu dari wilayah setempat (Pandeglang, red). Nanti jika belum terpenuhi juga, tentu pihaknya akan merekrut sebagian nakes dari luar Pandeglang.

“Seperti untuk dokter spesialis, jika di Pandeglang tidak ada maka harus menarik dari luar daerah. Jadi bergantung terpenuhi atau tidak SDM dari dalam.daerah,” ungkapnya, Kadinkes Banten di Pandeglang, Rabu 9 Maret 2022.

Dikatakannya, di RSU Labuan ini nantinya terdiri dari sebanyak 128 tempat tidur untuk pasien. Adapun untuk fasilitas pelayanan RSU tersebut yaitu, layanan rawat jalan teridri dari satu poli umum, satu poli gigi, 9 poli spesialistik, serta instalasi bedah sentral, instalasi gawat darurat dan instalasi rawat inap dewasa dan anak.

“Selain itu ditambah dengan layanan penunjang medis, yaitu radiologi yang akan dilengkapi dengan berbagai layanan. Selanjutnya juga ada instalasi gizi, SCCD, Farmasi dan labiratorium serta bank darah,” katanya.

Ditambahkannya, target pemerintah ditahun 2022 ini selesai seluruh pembangunan fisik, kemudian ditahun berikutnya 2023 penyediaan alat kesehatan sekaligus SDM-nya.

“Namun nanti, ketika nakesnya sudah terpenuhi semua akan dilakukan pelatihan dulu mengenai penggunakan sarana alkes – alkes nya,” ujarnya.

Kadinkes juga mengaku, untuk RSU Labuan ini juga akan disediakan pula tempat tinggal atau mess bagi para nakes. Makanya, selain melaksanakan bangunan gedung tahun ini, akan dilakukan pula pembebasan lahan sebagai perluasan.

“Di tahun ini juga kita akan melakukan pembebasan lahan, yang nantinya diperuntukan bagi lahan parkir dan mess para nakes,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, saat ini proses pembangunan RSU Labuan, Pandeglang tersebut tengah berjalan. Kontraktor proyek tersebut yaitu PT Himindo Citra Mandiri, adapun anggaran yang digunakan yakni sebesar Rp 64 miliar dari DPA/DPPA Banten tahun anggaran 2022.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

Author

  • Samsul Fatoni

    Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

    View all posts

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pemkab Tangerang Kirim Atlet-atlet Terbaik di Peparpeda VIII Banten 2024

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang mengirimkan...

Banten Sukses Kendalikan Inflasi dan Masuk Delapan Besar Wilayah Penyumbang Pangan Nasional

Berita Banten - Provinsi Banten sukses mengendalikan inflasi. Pada...

Sidak Sistem hingga Periksa Nilai Siswa di SMPN 6, Pj Wali Kota Pastikan PPDB di Kota Tangerang Aman

Berita Tangerang -- Penjabat atau Pj Wali Kota Tangerang,...