Kenalkan Tuti Ratulanes, Emak-emak Kreatif Asal Menes; Di Tangannya Limbah Bahan Bangunan Berubah Jadi Hasil Kerajinan

Date:

Tuti Ratulanes, emak-emak asal Menes, Pandeglang pengolah limbah bangunan jadi barang kerajinan bernilai ekonomi tinggi. (BantenHits.com/ Samsul Fatoni).

Pandeglang – Tuti Ratulanes (50) namanya. Perempuan asal Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang ini memilih menghabiskan waktu untuk berkreasi.

Sebuah pilihan yang ‘tak lazim’ di saat kebanyakan emak-emak zaman now memilih menghabiskan waktu untuk bersosialita atau berselancar di sosial media.

Tuti adalah seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Kampung Kadutanggay, Desa Purwaraja, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang.

Dengan tangan ajaibnya, Emak Tuti mampu menyulap limbah bata hebel menjadi barang kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi seperti asbak, pot bunga serta jenis barang lainnya.

Pembuatan kerajinan limbah habel terlihat sederhana ditangannya. Peralatan yang digunakan pun hanya alat manual, yakni gergaji, kikir dan pahat.

Langkah pertama, limbah habel disiram air, kemudian dibuat pola dan langsung diukir. Setelah terbentuk pola, baru kemudian dilapisi oleh semen dan dijemur hingga kering.

Ide membuat kerajinan dari limbah bata hebel ini berawal dari hobinya merawat tanaman hias dan membuat pot bunga.

“Karena saya juga hobi merawat tanaman hias. Maka bersama suami punya inisiatif untuk mengolah limbah bata hebel jadi pot bunga dan barang lainnya,” ungkap Tuti Ratulanes saat ditemui di kediamannya, Minggu 27 Maret 2022.

Hasil kerajinannya ini, lanjut Tuti, selain digunakan untuk kepentingan pribadinya, juga dijual melalui media sosial ataupun teman – temannya sesama pecinta tanaman hias, dengan kisaran harga mulai dari Rp 25 ribu hingga Rp 100 sesuai ukurannya.

Tuti juga mengaku, dalam sebulan mampu menjual pot bunga limbah habel sebanyak 20 hingga 30 buah dengan berbagai ukuran dan jenisnya.

“Untuk harganya tergantung kerumitan dan ukuran pot dari bahan bata hebel ini. Mulai dari Rp 25 ribu hingga Rp 100 ribu,” katanya.

Tuti berharap kerajinan limbah habel miliknya mendapatkan perhatian Pemerintah Daerah setempat, serta mampu memotivasi masyarakat lainnya untuk berkreasi di tengah pandemi COVID-19 saat ini, sehingga dapat membantu perekonomian kekuarga yang saat ini sedang terpuruk.

“Ya harapannya bisa dilirik oleh pemerintah, dan bisa membantu masyarakat sekitar, kan lumayan juga buat tambahan kebutuhan sehari-hari,” tandasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

Author

  • Samsul Fatoni

    Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...