Aset-aset Pemkab Lebak Bakal Diselamatkan Si Kabayan dari Mafia; Produk MoU Kejari, BKAD dan BPN

Date:

Kepala Kejari Lebak, ST Hapsari (tengah), Kepala BKAD Lebak, Halson Nainggolan (kiri) dan Kepala BPN Lebak, Agus Sutrisno (kanan) saat melakukan MoU penyelamatan aset Pemkab Lebak dari Mafia melalui aplikasi Si Kabayan. (Istimewa)

Lebak- Kejaksaan Negeri atau Kejari Kabupaten Lebak melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Lebak, Rabu, 13 April 2022.

Mereka sepakat akan menyelamatkan aset-aset milik pemerintah daerah dari para mafia. Salah satu caranya dengan melaunching aplikasi Sistem kelola aset antara BKAD, Kejaksaan dan BPN atau (Si Kabayan).

“Iya, dengan kolaborasi dan sinergi ini dalam upaya penyelamatan tanah aset pemkan Lebak,” kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Lebak ST Hapsari usai tandatangani MoU di Aula Kantor Kejaksaan Negeri Lebak.

Hapsari menyambut baik kolaborasi penyelematan aset tanah pemda karena sejalan dengan instruksi Jaksa Agung ST Burhanuddin untuk memberantas mafia tanah.

Kata Hapsari, Si Kabayan merupakan proyek perubahan Kejaksaan Negeri Lebak yang sengaja disiapkan untuk sumbangsih kepada masyarakat khususnya untuk menyelematkan aset negara.

“Mafia tanah juga menjadi salah satu prioritas penanganan sesuai dengan pengimplementasian perintah pak Jaksa Agung terkait pemberantasan mafia tanah,”tuturnya.

“Akan dilibatkan juga ahli IT yang akan merancang digitalisasi dalam kolaborasi ini,” tambah Kajari berparas cantik ini.

“Biasanya kita hanya menunggu ada permintaan saja. Tapi kami, untuk kali ini karena saya anggap ini penting menyangkut aset tanah pemda maka kita yang ajukan kolaborasi,”timpal mantan Kasi Pidsus Kejari Karawang ini.

Sementara itu Kepala BKAD Lebak Halson Nainggolan menyambut baik dengan ajakan kolaborasi antara Kejari Lebak, BKAD dan BPN Lebak.

“Ya, kita tahu fungsi dan tugas kejari yaitu salah satu tugasnya menjaga aset-aset pemda. Kami sangat terbantu dengan proyek Kabayan yang diluncurkan ibu Kajari,” kata Halso.

“Ada keinginan kita tiga intitusi ini bisa mengelola mengamankan aset milik pemkab Lebak. Pengelolaan dan pengamanan aset ini didukung dengan aplikasi Sikabayan. Kami sangat mendukung dan bermanfaat bagi kami,” timpal Kepala BPN Kabupaten Lebak Agus Sutrisno.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...