Seminar Parenting Yayasan Qolbun Salim; Belajar Mengasuh Anak dengan Tepat dan Benar

Date:

Ketua Yayasan Qolbun Salim, Deden Fatih saat memberikan sambutan dalam acara seminar parenting. (Istimewa)

Lebak- Yayasan Qolbun Salim di Desa Pasar Keong, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak menggelar seminar parenting, Kamis, 21 April 2022. Temanya tentang pola asuh terhadap perkembangan emosi anak.

“Seminar parenting ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada orang tua tentang pola pengasuhan anak yang tepat dan benar,”kata Ketua Yayasan Qolbun Salim, Deden Fatih kepada BantenHits, Jumat, 22 April 2022.

Menurut Deden, pola pengasuhan akan menentukan karakteristik anak di masa depan. Selain lingkungan, orang tua lah yang memiliki peranan paling menentukan.

“Anak-anak sekarang ini akan menjadi generasi penerus bangsa. Pola pengasuhan yang benar harus diberikan oleh orang tua sedari dini agar tidak salah kaprah,”tuturnya.

Kata Deden, peserta seminar parenting ini berasal dari masyarakat umum, orang tua pendidikan anak usia dini (PAUD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Qolbun Salim.

“Pola pengasuhan orang tua harus terus kita upgrade karena anak-anak saat ini hidup di zaman yang berbeda dengan zaman orang tuanya dahulu,”katanya.

“Kita berharap ke depan agar para orang tua bisa memberikan pengasuhan, pendampingan, dan pendidikan kepada anak dengan berkualitas. Sehingga anak bisa terpenuhi hak – haknya dan terjaga dari segala sesuatu yang bisa mengakibatkan dampak negatif terhadap anak,”timpal Deden lagi.

Sementara Penggiat Sosial Perempuan dan Anak, dr. Juwita Wulandari menerangkan pola pengasuhan anak yang positif itu adalah pola pengasuhan yang ditandai dengan empati dan memiliki hubungan yang kuat antara orang tua dan anak-anaknya.

Sebagai orang tua, lanjut Juwita, sangat mungkin memiliki setidaknya satu gaya pengasuhan terhadap anak, bahkan ada orang tua yang memiliki lebih dari satu gaya pengasuhan terhadap anak.

“Setiap pola pengasuhan bakal terbentuk berdasarkan pendapat berbeda tentang menjadi orang tua, disiplin, dan perkembangan masa kecil anaknya,”kata Juwita.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...