Tangis Muhammad Ali Pecah di Detik-detik Terbang ke Tanah Suci; 22 Tahun Menanti!

Date:

Muhammad Ali petani asal Kab. Serang terbang ke tanah suci setelah menanti 22 tahun lamanya. (Istimewa)

Serang- Setelah penantian panjang selama 22 tahun, akhirnya Muhammad Ali (63) dan istrinya Komariah (53) bisa berangkat ke Tanah Suci Makkah untuk menunaikan ibadah haji pada Rabu, 15 Juni 2022.

“Alhamdulillah ya Allah, bersyukur bisa berkesempatan menunaikan rukun islam ke 5 ibadah haji,” Kata Muhammad Ali tak kuasa menahan tangis saat di temui pada pelepasan calon jama’ah haji di Pendopo Pemkab Serang, Rabu 15 Juni 2022.

Petani Asal Desa Sontrol, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang ini mengaku menabung sedikit demi sedikit hasil jerih payahnya menjadi petani agar bisa menunaikan ibadah haji. Ia berupaya menabung dari tahun 2000 hingga terkumpul untuk biaya daftar haji pada tahun 2013.

Ketika musim panen raya telah tiba, dia bisa memetik hasil panen sawahnya sebesar Rp 4 Juta. Tetapi jika dalam kondisi cuaca kurang baik dan hasil panen nya menurun hanya dapat Rp 1,5 Juta. Dari hasil panen tersebut, sebagian digunakan untuk kebutuhan sehari-hari serta pembelian pupuk dan bibit, selebihnya baru untuk tabungan haji.

“Hasil tani saya ditabung. Sisanya untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Alhamdulillah kalau biaya kehidupan di kampung itu cukup dari hasil panen,” ujarnya.

Ali menceritakan, Ia mendaftar haji pada tahun 2013 dengan total setoran untuk sebesar 51 juta. Setelah menunggu daftar tunggu keberangkatan haji selama 13 tahun akhirnya bisa memenuhi rukun islam yang ke lima.

“Kami orang petani, dari kampung, beruntung sekali bisa berkesempatan berangkat haji. Bersyukur,” ucap Ali penuh syukur.

Untuk ukuran petani di Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, ia termasuk petani kecil kerena hanya menggarap lahan pertanian padi seluas satu hektar. “Dengan niat dan keyakinan, meskipun kondisinya keterbatasan, alhamdulillah kalau udah yakin bisa berangkat ke Tanah Suci,” katanya.

Keberangkatan haji sempat tertunda akibat adanya pandemi covid-19 yang melanda Indonesia, namun Ali berserta istrinya tetap bersyukur setelah penantian panjang selama 22 tahun akhirnya dapat menunaikan ibadah haji.

“Sempat tertunda tahun 2020 gara-gara pandemi, tapi alhamdulillah sekarang bisa berangkat ke tanah suci,” katanya.

Ali berharap, semoga keberangkatan haji dirinya menjadi haji yang mabrur serta dapat memotivasi keluarga, kerabat dan anak-anaknya agar dapat menunaikan ibadah haji seperti dirinya.

Editor: Fariz Abdullah

 

Author

  • Muhammad Uqel

    Muhammad Uqel Assathir menggeluti dunia jurnalistik sejak menjadi aktivis kampus. Uqel--begitu dia biasa disapa-- menghabiskan waktu selama kuliah untuk menyelami dunia pergerakan mahasiswa dan jurnalistik kampus. Pria asal Kabupaten Serang ini memiliki ketertarikan juga terhadap dunia desain.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...